Tiap Bulan, 817.000 Meter Kubik Air PDAM Solo Hilang

Air hilang atau non-revenue water (NRW) adalah air yang tidak berekening atau tak bisa diuangkan.

 Petugas mengecek proses produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jebres, Solo, Senin (4/5/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas mengecek proses produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jebres, Solo, Senin (4/5/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Rata-rata 43% air produksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Toya Wening atau PDAM Solo hilang per bulan pada 2022.

Air hilang atau non-revenue water (NRW) adalah air yang tidak berekening atau tak bisa diuangkan. Angkanya diperoleh dari selisih jumlah air yang masuk ke sistem (suplai) dengan air yang tercetak di rekening. Sementara produksi air PDAM Solo sekitar 1,9 juta m3 per bulan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Hal itu diungkapkan Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) Perumda Toya Wening, Bayu Tunggul Pamilih.

PDAM Solo sendiri dalam setiap bulan menghasilkan air sekitar 1,9 juta m3. Artinya, dalam satu bulan kurang lebih 817.000 m3 air PDAM di Kota Solo hilang.

“Ya naik turun di sekitar itu [produksi 1,9 juta m3 per bulan]. Perhitungan di Solo [NRW] 43%, dikalikan dengan total produksi,” kata dia kepada Solopos, Rabu (5/10/2022).

Bayu mengatakan dengan NRW 43%, maka NRW di Kota Solo terhitung masih tinggi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 20/2006 tentang batas maksimal kebocoran air bersih untuk perusahaan air minum, toleransi NRW maksimal adalah sebesar 20%. Artinya NRW di Solo lebih dari regulasi tersebut.

“Tingkat kehilangan air kita masih tinggi. Ini ya termasuk besar, standar nasional itu 20%,” kata Bayu.

Air yang hilang bisa berasal dari konsumsi resmi tak berekening, kehilangan komersial, dan kehilangan fisik. Kehilangan fisik bisa berupa kebocoran pipa transmisi, distribusi, dan pipa dinas hingga pipa meter pelanggan.

Juga kebocoran atau luapan air pada reservoir. Sementara kehilangan komersial dikarenakan konsumsi air PDAM Solo yang tidak resmi (ilegal), ketidakakuratan meter, ketidakakuratan pembacaan meter, serta kesalahan pengolahan data.

“Yang tidak bisa direkeningkan yang digunakan oleh damkar, kemudian saat pipa kita pecah, kemudian saat pencatatan rumahnya sepi, kan ada selisih. Kemudian ada pencurian air,” lanjut dia.

Pembacaan meter pelanggan sendiri dilakukan secara serentak oleh PDAM mulai tanggal 1 hingga 20 setiap bulannya. Sementara itu air yang berekening di Kota Solo adalah 57% dari total produksi air.

Per bulannya, konsumsi air di Kota Solo melebihi 1 juta m3. Konsumsi tersebut merupakan akumulasi dari konsumsi beberapa golongan konsumen. Di antaranya golongan rumah tangga 1 -4, golongan niaga 1 – 2, golongan sosial umum dan khusus, golongan sekolah, golongan pemerintah, dan kelompok khusus.

Data Surakarta Dalam Angka 2022 menunjukkan jumlah air minum yang disalurkan setiap bulannya di Kota Solo tak lebih dari 1,3 juta m3 per bulan. Desember 2021, jumlah air minum yang disalurkan setiap bulan di Kota Solo 1.155.404 m3, pada Desember 2020 1.255.370 m3.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      PT SHA Solo Selalu Memastikan Program CSR Tepat Sasaran

      PT SHA Solo memiliki strategi khusus dalam menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) agar lebih tepat sasaran.

      Perjalanan PT SHA Solo 7 Tahun Mengabdi untuk Masyarakat

      PT SHA Solo terus berupaya untuk senantiasa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan melakukan berbagai program sosial.

      Unik! Favehotel Solo Sulap Daun Jati Jadi Pohon Natal

      Pembuatan pohon Natal di Favehotel Solo dimulai dari pemilihan daun jati yang berkualitas yang diambil dari petani di area Wonogiri.

      Truck Campaign Mitsubishi Fuso Jadi Ajang Temu Kangen dan Sosialisasi Euro 4

      Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Truck Campaign Mitsubishi Fuso kembali digelar, Jumat (2/12/2022).

      Awal Pekan Stagnan! Simak Harga Emas Pegadaian, Senin 5 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Senin (5/12/2022) hari ini, terpantau stagnan untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      IHSG Diprediksi Bergerak Menguat, Cek Saham-Saham Ini

      Equity Analyst Kanaka Hita Solvera William Wibowo mengatakan sentimen harga komoditas dan meningkatnya performa bank-bank besar akan memengaruhi pergerakan IHSG pekan ini.

      Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Menguat, Ini Faktor Pendorongnya

      Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi akan menguat pada perdagangan, Senin (5/12/2022) hari ini.

      Perlu Tahu, Ini Perbedaan Mata Uang Digital dan Kripto

      Belum lama ini Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan white paper pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau mata uang digital yang dinamakan Digital Rupiah.

      Alasan Upah Minimum Dinilai Kecil buat Tenaga Kerja di Indonesia

      Upah minimum selalu menjadi perdebatan menjelang akhir tahun, karena menyangkut hajat hidup para pekerja.

      Stevan Pasaribu dan Celine Evangelista Meriahkan HUT ke-18 Solo Grand Mall

      Penyayi Stevan Pasaribu menghibur pengunjung Solo Grand Mall (SGM) pada Sabtu (3/12/2022) malam. Kehadiran Stevan adalah dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 SGM.

      Borong Yuk, Harga Emas di Pegadaian Minggu, 4 Desember 2022 Terpantau Turun

      harga emas yang dijual di Pegadaian baik cetakan Antam maupun UBS terpantau kompak turun pada Minggu 4 Desember 2022.

      Tiket Murah Meriah, Berikut Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Minggu (4/12/2022).

      Fantasis, Deretan Gaji Tertinggi di 5 BUMN Terkemuka di Indonesia

      Berikut adalah deretan gaji tertinggi di lima BUMN terkemuka di Tanah Air.

      Pencari Kerja Merapat! Berikut Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2

      Berikut adalah persyaratan dan cara daftar rekrutmen bersama BUMN.

      Sinergi PLN dengan Pemerintah & Industri Siap Sambut Investor di Jateng-DIY

      PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (DIY) sukses menggelar Priority Customer Gathering di Harris Hotel Semarang, Jumat (2/12/2022).

      Kabar Baik! Penyaluran KUR 2023 Naik 20 Persen Jadi Rp450 Triliun

      Pemerintah bakal menaikkan kredit usaha rakyat (KUR) menjadi Rp450 triliun pada tahun depan.