SOLOPOS.COM - Seorang pelatih sedang memberi instruksi salah seorang pemain Thomas Cup. Ist/badmintonindonesia.org

Solopos.com, NEW DELHI — Meskipun baru saja mendarat di New Delhi, India, Selasa (13/5) dini hari, namun tim Piala Thomas dan Uber Indonesia langsung menjalani latihan pada Rabu (14/5) siang. Latihan pertama berlangsung lapangan bulutangkis yang sudah disewa PBSI di Yamuna Sport Center, New Delhi.

Latihan perdana ini berlangsung selama tiga jam, mulai dari pukul 16.30 – 19.30 waktu setempat. Sebanyak sembilan lapangan disiapkan untuk tim Indonesia, empat lapangan digunakan oleh tim Thomas, sedangkan lima lapangan untuk tim Uber.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sesi latihan pertama ini, intensitas latihan tidaklah terlalu berat. Latihan pertama lebih menitikberatkan pada pemanasan guna melenturkan otot-otot yang kaku akibat perjalanan jauh yang ditempuh atlet di hari sebelumnya dari Jakarta.

“Perjalanan ke India memakan waktu hampir seharian, ini tentunya sangat melelahkan buat atlet. Dari Jakarta, kami sudah antisipasi hal ini. Ibarat menabung, kami sudah punya banyak tabungan stamina, saat terpakai di perjalanan hari ini, tabungan stamina kami masih banyak,” ujar Christian Hadinata, manajer tim Piala Thomas seperti dilansir situs PBSI badmintonindonesia.org.

“Dari awal kami sudah membuat rencana, kami tak mau tabungan stamina kami sedikit hingga kami harus defisit stamina. Kalau tekor, mengembalikannya lagi kan butuh waktu, sementara pertandingan semakin dekat. Dan perlu diingat, stamina yang kurang dapat membuat atlet rentan terserang penyakit,” tambah Juara All England 1979 bersama Imelda Wiguna ini.

Tim pelatih juga memanfaatkan kesempatan ini sebagai momen icebreaker, dimana ada permainan yang bertujuan agar atlet lebih rileks menghadapi kejuaraan besar yang sudah di depan mata.

Pada ajang beregu, kebersamaan menjadi salah satu senjata yang dapat menambah kekuatan tim. Hal ini disadari betul oleh tim. Hampir seluruh kegiatan dilakukan secara bersama-sama, mulai dari pemanasan. Dalam sesi latihan biasa, para atlet melakukan pemanasan masing-masing, tetapi kali ini, pemanasan dilakukan secara bersama-sama. Para atlet pun terlihat sangat menikmati kebersamaan ini.

Terlihat dalam sesi latihan pertama, para pemain tunggal mencoba bermain ganda, sedangkan pemain ganda bermain dua lawan tiga atau empat. Latihan kali ini memang lebih difokuskan untuk mengembalikan kebugaran atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya