Tutup Iklan

THL TBPP Wonogiri Kecewa Tak Diangkat Jadi CPNS Meski Berprestasi

 Wahyu Tulus Nugroho. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Wahyu Tulus Nugroho. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

THL TBPP kecewa karena pengangkatan CPNS berdasarkan batasan usia.

Solopos.com, WONOGIRI — Para Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBPP) Wonogiri kecewa karena pengangkatan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) hanya berdasar batasan usia dan mengesampingkan kinerja.

Kondisi tersebut mengendurkan semangat mereka dalam bekerja. Dikhawatirkan hal itu akan menurunkan kualitas pembangunan pertanian di daerah mengingat peran THL TBPP selama ini sangat besar.

Ketua Forum Komunikasi (FK) THL TBPP Wonogiri, Wahyu Tulus Nugroho, 42, saat ditemui di wilayah binaannya, Kelurahan Beji, Nguntoronadi, Senin (11/9/2017), menyampaikan dari 94 THL TBPP naungan Kementerian Pertanian di Wonogiri hanya 14 orang yang diangkat menjadi CPNS, belum lama ini. Sebanyak 80 orang lainnya, termasuk dirinya, tak diangkat karena berusia lebih dari 35 tahun.

Hanya THL TBPP angkatan 2007-2009 yang berusia kurang dari 35 tahun yang diangkat. Menurut Wahyu kebijakan tersebut tidak adil dan diskriminatif karena dasar pengangkatan mengabaikan kinerja penyuluh selama ini. Alhasil, THL TBPP yang berkinerja baik bahkan berprestasi tidak diangkat menjadi CPNS.

Prestasi itu seperti yang ditorehkan Wahyu. Sejak bekerja 2008, warga Glesungrejo, Baturetno, Wonogiri, itu mencatatkan 18 prestasi individu dan kelompok tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

Prestasi tersebut di antaranya juara I penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tingkat kabupaten selaku pendamping P2KP Desa Semin, Nguntoronadi, kategori pengguna kreatif teknologi ketahanan pangan 2012. Pada tahun yang sama dia keluar sebagai juara I tingkat Jawa Tengah dan nasional dalam penghargaan yang sama.

Pada tingkat nasional Wahyu mendapat apresiasi karena berhasil memotivasi masyarakat dalam mengoptimalisasi lahan marginal, pemanfaatan lahan pekarangan, dan pengembangan pangan lokal. Kelompok wanita tani (KWT) yang didampinginya, KWT Melati Semin, juga menorehkan juara I penghargaan yang sama tingkat nasional karena berhasil memanfaatkan pekarangan menjadi sumber pangan dan penghasilan.

“THL TBPP di Indonesia yang tidak diangkat karena terbentur usia merasakan kekecewaan yang sama. Ini ironis sekali. Dulu pemerintah memberi angin surga bahwa pengangkatan THL TBPP tidak dibatasi usia. Seiring berjalannya waktu kebijakan mulai terlihat diskriminatif. Lalu kami melalui FK THL TBPP tingkat nasional berjuang hingga menembus DPR. Tapi pemerintah tetap tidak memperhatikan nasib kami,” kata Wahyu.

Dia menyebut kondisi itu menurunkan semangat para THL TBPP dalam membangun pertanian daerah. Mereka merasa kerja yang selama ini dilakukan tak dihargai, sehingga muncul pemikiran lebih baik bekerja biasa saja karena kerja dengan totalitas pun diabaikan pemerintah.

THL TBPP Selogiri, Mulyadi, mengaku kecewa dengan kebijakan pemerintah tersebut. Dia berharap pemerintah masih memperhatikan THL TBPP yang belum menjadi CPNS diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

Lokasi WNA Ukraina Tersesat di Merbabu Ternyata Jadi Habitat Elang Jawa

Blok Tulangan yang menjadi lokasi penemuan warga negara asing (WNA) yang tersesat di lereng Gunung Merbabu ternyata menjadi habitat dari elang jawa yang terancam punah.

Resmi, Dirut PT Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. (kiri) kembali terpilih sebagai Ketum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Solo.