SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOHANNESBURG— Pelatih Amerika Serikat (AS), Bob Bradley, puas melihat kesiapan anak asuhnya. The Yanks, julukan AS, kini penuh percaya diri (pede) menatap laga perdana Piala Dunia 2010 kontra Inggris, Sabtu (12/6).

Skuat AS unjuk gigi dengan membungkam Australia 3-1 dalam partai pemanasan, Sabtu (5/6). Striker Los Angeles Galaxy, Edson Buddle, mencuri perhatian dengan mencetak dua gol dalam debut perdananya di starting XI The Yanks. Herculez Gomez juga mencatatkan nama di papan skor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan gol balasan Australia dikemas Tim Cahill. Bradley menilai sejauh ini rancangan skema permainannya berjalan mulus. Kegembiraan semakin memuncak karena AS juga terhindar dari badai cedera pemain, yang belakangan ini menghantui tim-tim lain.

“Dilihat dari berbagai sisi, pemanasan ini sangat memuaskan dan sesuai dengan target yang kami inginkan. Kami sangat senang dengan kondisi kami menuju partai kontra Inggris,” ujar Bradley, seperti dilansir yahoosports.com, Minggu (6/6) kemarin.

“Pertandingan seperti ini selalu sulit, mengingat turnamen tinggal sepekan lagi. Tetapi atmosfer kompetitif pertandingan sudah sesuai dengan yang kami butuhkan. Secara keseluruhan, kondisi kami di lapangan bagus, kebugaran juga bagus. Kami semakin siap,” sambung dia.

Meski demikian, AS enggan jemawa. Ruang perbaikan dinilai masih terpampang lebar, terutama di lini pertahanan. Landon Donovan cs perlu berada dalam kondisi maksimal untuk bisa mengejutkan favorit Grup C, The Three Lions, julukan Timnas Inggris.

“Kami masih perlu melakukan beberapa pembenahan. Saya pikir koordinasi pertahanan perlu ditingkatkan lagi dan juga kemampuan kami memanfaatkan peluang dengan lebih baik,” papar Bradley panjang lebar.

Buddle mencuri perhatian lewat tampilan menawan plus donasi dua gol. Peluangnya diturunkan menghadapi The Three Lions praktis semakin terbuka lebar. Namun, sang arsitek belum menjanjikan apapun lantaran formasi starting XI belum diputuskan.

Skema harus dirancang cermat mengingat The Three Lions bukan tim sembarangan. “Belum ada keputusan apapun tentang starting line-up. Tetapi Edson semakin nyaman dengan tim ini. Anda bisa melihat penampilannya di MLS musim kemarin. Ia bisa menciptakan peluang dengan baik dan juga penyelesai yang baik,” ujar Bradley.

Mengenai insiden absennya pemain bertahan Rio Ferdinand dari skuat Inggris akibat cedera, ditanggapi tenang oleh Bradley. Menurutnya, tak ada jaminan AS bakal mendapatkan keuntungan dari kondisi tersebut. Ferdinand terpaksa melupakan mimpinya tampil di Piala Dunia setelah mengalami cedera lutut dalam sesi latihan, tiga hari lalu.

“Ketika Piala Dunia sudah semakin dekat dan Anda melihat seorang pemain cedera hingga akhirnya terpaksa harus absen, maka semua orang, terutama pelatih, tentu akan merasa sedih,” tegas Bradley.

AS mencatat hasil memuaskan saat menjinakkan Australia 3-1 di Ruimsig Stadium, Johannesburg, Sabtu malam. Sam’s Army sudah unggul 2-1 di babak pertama. Gol pembuka AS dicetak Edson Buddle saat laga baru berjalan 4 menit. Socceroos, julukan Australia, membalasnya lewat Tim Cahill menit 19.

The Yanks tak mau kedudukan imbang bertahan sampai turun minum. Kembali Buddle membuat AS memimpin 2-1. Rekan setim David Beckham di Los Angeles Galaxy ini kembali menjebol gawang kiper Mark Schwarzer menit 31. AS akhirnya menutup laga dengan keunggulan 3-1 lewat kaki Herculez Gomes.

Hasil tersebut menumbuhkan optimisme di kubu Timnas AS, delapan hari menjelang laga pembuka kontra Inggris. Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, AS masuk Grup C bersama Inggris, Slovenia dan Aljazair. Sedangkan Australia berada di Grup D bersama Jerman, Ghana dan Serbia.

JIBI/SOLOPOS/yms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya