SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

antara

[SPFM], Kehadiran penyanyi dan pencipta lagu legendaris Stevie Wonder pada gelaran Java Jazz Festival 2012 lalu mengobati kerinduan para penggemarnya yang terakhir kali disapa pada 1988. Penampilan Stevie yang menjadi penutup pada gelaran musik tahunan terbesar itu, menyedot ribuan penggemar yang datang bahkan dari sejumlah negara tetangga. Membawakan belasan lagu tanpa henti sepanjang hampir dua jam, Stevie nampak tidak kehilangan energi dan antusiame untuk terus menyanyi sekaligus memainkan alat musik termasuk piano, keyboard dan harmonica.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Stevie Wonder dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktivis sosial dari Amerika Serikat, yang telah melang melintang di panggung musik. Sepanjang karirnya dia telah merekam lebih dari 30 hit top 10, memenangkan 21 Penghargaan Grammy. Pencapaiannya itu menjadi sebuah rekor untuk artis solo. Penyanyi yang meraih lifetime achievement, itu juga telah memenangkan sebuah piala Oscar untuk Lagu Terbaik dan masuk ke Rock and Roll, dan Songwriters Halls of fame.

Lahir di lingkungan kelas bawah

Stevie Wonder atau Stevland Morris lahir 13 Mei 1950. Dia dilahirkan secara prematur di Saginaw, Michigan, dari ibu Lula Mae Hardaway. Kelahirannya yang premature itu membuatnya harus dirawat di incubator. Ada kemungkinan ia mendapatkan terlalu banyak oksigen dalam inkubatornya, dan hal ini menyebabkan kebutaan. Meskipun Stevie tuna netra, Hardaway mengajarkan anak-anaknya yang lain untuk memperlakukan Steveland seperti orang lain, tidak mengejek atau membantunya terlalu banyak. Ia mulai belajar menyanyi dan memainkan alat musik di gereja sejak usia dini, terutama piano, conga dan harmonica.

Stevie yang hidup bersama ibunya, bersama dua saudara lelaki, Calvin dan Milton, serta seorang saudara perempuan, Renee, dalam lingkungan warga berpenghasilan rendah di Detroit, Michigan. Bagi Stevie, ibunya adalah segala. Sebaliknya, sang ayah tak pernah disinggung-singgung Stevie. Dukungan keluarga terutama dari ibunya yang begitu besar menjadi dasar kekuatan spiritual Stevie. Bakat Stevie ditemukan pada 1961, saat ia dibawa oleh Ronnie White dari The Miracle menemui Berry Gordy Jr. — pendiri Motown Record Corporation. Sebelumnya Ronnie mendapati Stevie menghibur orang-orang di jalanan. Berry tidak menunggu lama lagi membuatkan kontrak dan membaptisnya menjadi Little Stevie Wonder.

Duta Perdamaian PBB

Sepanjang karirnya Stevie telah mencetak banyak hits, diantaranya “I Just Called to Say I Love You”, “Lately”, dan “We Are the World. Di setiap lagu, Stevie Wonder memberikan nuansa lain, terkadang memainkan keyboard, harmonika, sampai grand piano. Bagi Stevie, kisah hubungan antarmanusia dan gairah kehidupan lainnya diungkapkan dalam setting dan metafora apa saja, dengan kemerdekaan penuh.

Dedikasinya membuatnya ditunjuk sebagai Duta Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang akan bertugas terutama mendukung upaya PBB dalam memberdayakan potensi orang-orang cacat di berbagai belahan dunia.  Stevie dianggap PBB sebagai figur yang sangat inspiratif. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon bahkan mengungkapkan kekagumannya akan kehebatan sosok Stevie yang, walaupun buta sejak lahir, telah begitu banyak memberikan kontribusi kepada dunia.

Stevie memelopori kampanye pada tahun 1983 untuk membuat Martin Luther King Day sebagai hari libur nasional di AS serta memberikan dukungan bagi penghapusan apartheid di Afrika Selatan. Kegiatan amal lainnya yang dijalankan Stevie, antara lain, melalui “President`s Committee on Employment of People with Disabilities”, “Children`s Diabetes Foundation”, “Junior Blind of America”, dan dibentuknya “Wonder Vision Awards Program”. Dia juga telah menciptakan, memproduksi, dan membawakan lagu-lagu untuk kepentingan amal dan dukungan bagi orang-orang cacat, tunawisma, pengidap AIDS, kanker, diabetes, mengalami kelaparan, dan kekerasan dalam rumah tangga. [berbagai sumber/hen/dtp]

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya