SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

“Siapa yang menembak Anda?” tanya Sersan Sweeney.

Meskipun ajal telah dekat, Frank tetap teguh memegang sumpah mafia, omerta, sumpah kuno yang membuat mereka tetap tutup mulut meski nyawa imbalannya. “Tidak ada, tidak ada yang menembak saya,” bisik Frank, meskipun darah mengalir dari setiap lubang peluru di tubuhnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penolakan itu tetap dipegangnya hingga kematianbnya beberapa saat kemudian. Namun, tak perlu pengakuan Frank atau analisa orang jenius untuk mengetahui siapa yang ada di belakang upaya pembunuhan cerdik dan terorganisasi tersebut.

Siapa lagi kalau bukan Al Capone, musuh bebuyutan Moran. Meskipun Capone berada jauh di Florida dan McGurn mempunyai alibi kuat, polisi, surat kabar dan masyarakat Chicago mengetahui dengan pasti mereka bertanggung jawab atas pembantaian di malam perayaan Valentin tersebut.

Sayangnya, polisi tak bisa menangkap Capone tanpa adanya barang bukti. Sementara McGurn lantas menikahi kekasihnya, Louise Rolfe, sehingga dia tak bisa bersaksi melawan suami barunya, sehingga kemudian dikenal sebagai “alibi pirang” mengacu para rambut pirang Rolfe.

Akhirnya, semua tuduhan terhadap mereka berdua menguap dengan sendirinya. Tak ada satu pun yang akhirnya dikeler ke pengadilan atas pembunuhan yang spektakuler tersebut.

Pembantaian itu sendiri dapat dianggap sebagai puncak kekerasan era mafia Chicago. Meskipun Capone dengan lihai berhasil menghindari hukuman terkait pembantaian Hari Valentin, para petugas keamanan terus mengincarnya.

Pada 27 Maret 1929, dia ditangkap agen FBI dengan tuduhan penghinaan terhadap pengadilan dengan ancaman penjara satu tahun. Namun dia dibebaskan dengan uang jaminan US$5.000.

Tak lama kemudian, pada 17 Mei, Capone dan pengawalnya ditangkap di Philadelphia karena membawa senjata api. Dalam proses tuntutan dan penyidangan singkat, hanya 16 jam, masing-masing dari mereka dijatuhi hukuman satu tahun penjara. (Bersambung Bagian XXVI)

Dari berbagai sumber

Bagian XXIV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya