SOLOPOS.COM - al capone (google)

al capone (google)

Hasilnya sungguh luar biasa. Meskipun banyak membelanjakan uangnya untuk barang-barang mewah, Capone melakukan semuanya melalui pihak ketiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun terbukti sangat kaya, Capone melakukan semua transaksasi bisnisnya secara tunai. Satu pengecualian, pembelian real estate di Palm Island, kemudian menjadi bukti bagi IRS betapa besarnya penghasilan Capone.

Ekspedisi Mudik 2024

Temuan penting ini mendatangkan gairah besar bagi para pemburu pajak dan penegak hukum yang telah  lama mengincar Capone namun tak pernah memiliki bukti untuk menangkapnya. Sebuah operasi pun langsung dipersiapkan. Jaksa AS untuk Chicago menunjuk George Emmerson Q Johnson, yang dikenal sebagai “jaringan bocah tua” di Midwest, untuk memimpin operasi tersebut.

Sementara di Chicago, menjelang pemilu tingkat bawah pada 1928, kekerasan mulai meningkat tak terkendali. Johnson pun tiba-tiba mendapati dirinya menjadi salah satu target ancaman bom.

Tidak jelas, siapa yang berada di balik semua kekerasan tersebut. Namun kali ini target serangan bukanlah sesama anggota mafia. Termasuk pula saat senator AS, Charles Deneen, seorang reformis dan mantan hakim, juga menjadi target serangan.

Walikota Bill Thompson yang tanpa malu-malu melakukan semua tindakan korup saat berkuasa saat itu, sempat dicurigai sebagai orang yang bertanggung jawab atas semua serangan itu. Namun, tetap saja Capone yang telah menyatakan pensiun dan “mengasingkan” diri ke Miami, Florida, menjadi kambing hitamnya.

Pada saat yang sama di Miami, Mae Capone menghabiskan musim semi itu dengan mendekorasi rumah barunya yang mewah. Namun Capone yang tampaknya benar-benar mendedikasikan diri untuk membentuk citra sebagai warga negara yang sah, diam-diam tetap memantau bisnis pasokan wiskinya dengan Yale.

Truk-truk pengangkut wiski mereka dari New York ke Chicago sering mengalami gangguan bajakan. Saat itu, baik Capone maupun Yale memutuskan bahwa aksi pembajakan itu sudah terlalu banyak dan harus segera diatasi. (Bersambung Bagian XXIII)

Dari berbagai sumber

Bagian XXIII

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya