SOLOPOS.COM - Cluster General Manager Accor Hotel di Solo, Toat Edi Wijaya dan berbincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif Sandiaga Uno. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian negara. Mereka memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tarus mendorong agar UMKM dilibatkan dalam segala kegiatan dengan memberikan wadah bagi mereka untuk memasarkan produknya. Hal ini dilakukan agar UMKM bisa naik kelas.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (22/10/2022), guna mendukung visi ini, tiga hotel yaitu The Royal Surakarta Heritage, Novotel Solo, dan Ibis Styles makin memantapkan posisi sebagai pelopor UMKM di hotel Solo.

Kilas balik saat pandemi Covid-19 yang memuncak pada pada 2020 lalu membuat ekonomi Indonesia terguncang termasuk UMKM yang harus beradaptasi dengan menurunkan produksi barang atau jasanya.

Banyak UMKM yang terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan, bahkan sampai gulung tikar. Melihat kenyataan ini, tiga hotel tersebut tetap konsisten memperjuangkan nasib UMKM dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memasarkan produknya.

Baca Juga: Novotel Space Adventure, Sembari Menginap Bisa Berfoto Tema Luar Angkasa

The Royal Surakarta Heritage yang beralamat di Jl Slamet Riyadi No. 6 Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo ini mempunyai ciri khas dalam memilih UMKM yang akan dipasarkan. Disana terdapat UMKM batik dan suvenir berbentuk miniatur wayang dan lain-lain.

Sementara di Novotel Solo yang beralamat di Jl Slamet Riyadi No. 272, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Solo ini lebih fokus pada UMKM yang memasarkan jajanan kering. Salah satu jajanan yang ditawarkan adalah balung kethek yang disiapkan secara gratis dan khusus digunakan sebagai welcoming VIP Guest, sebagai treatment khusus dari Novotel Solo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat stand UMKM di salah satu hotel di Solo. The Royal Surakarta Heritage, Novotel Solo, dan Ibis Styles makin memantapkan posisi sebagai pelopor UMKM di hotel Solo. (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat stand UMKM di salah satu hotel di Solo. The Royal Surakarta Heritage, Novotel Solo, dan Ibis Styles makin memantapkan posisi sebagai pelopor UMKM di hotel Solo. (Istimewa)

Sedangkan Ibis Styles Solo menyediakan berbagai macam jenis kopi dari UMKM yang dapat memanjakan para pecinta kopi yang datang di Hotel yang beralamat di Jl Gajahmada No.23, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo atau berdekatan dengan Novotel.

Baca Juga: Solo Great Sale 2022 Lampaui Target Rp2 Triliun, Gibran: Tanda Ekonomi Membaik

Dengan memberikan kesempatan bagi UMKM memasarkan produknya melalui stand-stand makanan, baju, bahkan souvenir yang ada di ketiga hotel tersebut menjadi support yang baik bagi perkembangan UMKM kedepannya.

Diharapkan, dengan ini hasil karya UMKM ini dapat menjadi salah satu pilihan bahkan menjadi favorit bagi tamu lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya