Kategori: Artis

THE CONJURING : Sukses Takuti Penonton, Vera Farmiga Dianggap Pakar Film Horor


Solopos.com/JIBI/Solopos/Antara
Vera Farmiga dianggap berhasil memerankan Lorraine Warren dalam The Conjuring.(theconjuring.warnerbros.com)

Solopos.com, LOS ANGELES — Aktris Vera Farmiga, 39, kini dianggap pakar film bergenre horor setelah dinilai berhasil memerankan Lorraine Warren, salah satu dari pasangan suami istri yang berprofesi sebagai paranormal terkenal, The Warrens, dalam film The Conjuring. Keberhasilan Vera Farmiga dan para kru film The Conjuring menakut-nakuti penonton membawa film itu berhasil menempati posisi film terlaris kendati dibikin dengan biaya minimalis.

Vera yang mengawali karier perfilmannya di Hollywood lewat Return to Paradise (1998) itu mengaku harus belajar keras menyelami tokoh yang diperankannya sebagai seorang cenayang. The Conjuring diambil dari kisah nyata investigasi paranormal pasangan pemuja setan sekaligus cenayang, Ed dan Lorraine Warren.

Kejadian supranatural yang dialami di rumah mereka, mengantarkan pada dikuasainya si ibu oleh satu perkumpulan pemuja setan. Keluarga Warren terkenal karena ketelibatannya dalam kasus Amityville Horror. Dalam kasus itu pasangan asal New York yang dalam Conjuring diperankan Patrick Wilson dan Farmiga mengadu kepada The Warren bahwa rumah mereka dihantui setan .

"Yang paling mendesak bagi saya adalah bagaimana menyampaikan kecenayangan dia dan itu berkaitan dengan bagaimana dia memandang sesuatu, bagaimana dia memaknainya. Yang menyentuh saya dari dia adalah empatinya yang luar biasa kepada orang lain, dan dedikasinya untuk membantu orang lain," kata Farmiga.

Kendati film itu berakar pada horor, namun dia memandangnya sebagai kisah cinta di antara pasangan Warren. Menurutnya. Ed dan Lorraine Warren merupakan pasangan yang langka.

Farmiga pertama kali membintangi film horor dengan memerankan seorang ibu pada film produksi tahun 2007 berjudul Joshua. Dia juga membintangi film yang berkisah seorang anak setan, produksi tahun 2009, berjudul Orphan. Dia lalu terlibat pembuatan serial psikologis Bates Motel, yang terinspirasi dari kisah Psycho, dan terakhir dalam The Conjuring.

Aktris ini mengatakan persamaan dengan semua film horor yang dibintanginya adalah selalu memerankan seorang ibu. Dia sendiri menjadi ibu dalam kehidupan nyata pada 2009. Bates Motel yang mengisahkan pembunuh gila Norman Bates, memperlihatkan Farmiga memerankan Norma, ibu galak dari si Norman. Farmiga mengaku semakin menjiwai tema-tema kesehatan mental setelah membintangi serial itu.

Aktris yang mendapat nominasi Oscar untuk kategori pemeran pembantu terbaik pada 2009 dalam film Up in the Air ini juga masuk nominasi Emmy tahun 2013 ini atas perannya dalam Bates Motel tersebut. "Tak ada hal yang lebih memuaskan ketimbang penerimaan positif dan itu senantiasa senang mendengar tepuk tangan dan sambutan," kata sang aktris seperti dikutip Reuters.

Share