SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Setelah meraih sukses dan mendapat apresiasi internasional pada tahun 2011, tahun ini Jogja Walking Association bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Propinsi DIY, PT. Garuda Indonesia, PT. TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Yayasan Royal Silk, Desa Wisata Gabugan dan CHIKARA kembali menyelenggarakan kegiatan The 4thJogja International Heritage Walk (JIHW) 2012 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 November 2012, dengan target 1500 peserta baik dari peserta domestik maupun mancanegara seperti Jepang dan Eropa.

Kegiatan Jogja International Heritage Walk merupakan acara tahunan berskala internasional yang diselenggarakan dalam rangka memasyarakatkan jalan kaki sebagai salah satu gaya hidup sehat serta turut mempromosikan Eco turism/Green-tourism (pariwisata hijau) melalui kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh peserta asing maupun domestik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

GKR Pembayun selaku Ketua Jogja Walking Association menyatakan Pada tahun ini event akan mengusung tema “2 Days Walk for Green and Community” .Ini guna mendorong seluruh masyarakat lebih peduli pada lingkungan dengan melakukan jalan sehat, peduli kepada konservasi alam dan menghargai warisan budaya. Selanjutnya, GKR Pembayun menambahkan bahwa program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama di kalangan pejalan kaki dan masyarakat sekitar daerah yang dilaluinya.

Kegiatan JIHW hari pertama akan dilangsungkan di wilayah Candi Prambanan dan desa sekitarnya, yang dilanjutkan pada hari kedua di Desa Wisata Gabugan, Donokerto, Turi, dengan ketentuan rute 5 km, 10 km dan 20 km yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kemampuan peserta. Sementara program penanaman pohon akan dilaksanakan setelah acara jalan sehat pada hari kedua yang bertempat di desa Karang Tengah, Imogiri.

Kegiatan JIHW juga telah mendapat dukungan dari International Marching League (IML)Walking Association sebagai organisasi internasional yang memiliki tujuan untuk membudayakan jalan kaki sebagai sarana sederhana menuju sehat. Pada JIHW 2011 dihadiri secara langsung oleh 2 Juri IML Mr.Dirk De Boever (Sekjen IML) dan Mr. Deryck Shawn (WakilPresiden IML dari Wilayah Asia-Pasifik) untuk penilaian lolos dan tidaknya JIHW untuk masuk ke dalam list keanggotaan IML yang akan diumumkan pada tahun 2013 di Channtoney, Perancis. Apabila JIHW dinyatakan lolos dan diterima sebagai anggota tetap IML, Indonesia menjadi Negara pertama di ASEAN yang masuk menjadi anggota IML. Dengan menjadi keanggotaan IML, kegiatan JIHW ini akan dimasukkan dalam agenda tahunan jalan sehat internasional pada tahun-tahun mendatang yang diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak peserta dari luar negeri yang dimana dapat berdampak positif untuk meningkatkan dan mempromosikan kepariwisataan serta heritage Indonesia khususnya Yogyakarta di mata dunia internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya