SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lambang Negara Thailand (JIBI/Harian Jogja/wikipedia)JOGJA—Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) ke -5 di Jogja resmi ditutup. Konferensi ini bakal digelar kembali pada 2014 mendatang di Thailand.

Perwakilan Khusus dari Sekretaris Jenderal PBB untuk Program Pengurangan Risiko Bencana, Margareta Wahlstrom mengatakan  konferensi saat ini masih banyak kekurangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, sejumlah persoalan belum dijelaskan secara detail. Diantaranya mengenai anggaran maupun jumlah sekolah yang berada di kawasan rawan bencana. “Konferensi berikutnya akan sampaikan lebih detail,” katanya dalam jumpa pers di Jogja Expo Center, Kamis (25/10/2012).

Konfersensi Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) tahun ini diikuti puluhan negara di wilayah Asia PAsifik. Hasil konferensi itu adalah deklarasi Yogyakarta yang disepakati oleh 55 negara seantero asia pasifik yang paling rawan bencana di dunia.

Deklarasi ini merupakan perjanjian internasional baru tentang pengurangan risiko bencana.

Kepala BNPB Syamsul Maarif menambahkan, hal yang menjadi pertimbangan dalam deklarasi tersebut bahwa negara-negara di kawasan Asia Pasifik menyadari meningkatnya jumlah kejadian bencana dan perubahan iklim dalam dua tahun terakhir yang sangat signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya