SOLOPOS.COM - Menlu RI Retno Marsudi (kiri) melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Thailand Don Pramudwinai (kanan) di sela-sela High Level Week Sidang Majelis Umum ke-77 PBB di New York, AS, Senin (19/9/2022). (ANTARA/HO-Kemlu RI)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai, menyampaikan dukungan negara Thailand agar Indonesia menjadi ketua ASEAN tahun 2023.

Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai, mengungkapkan hal itu saat bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, di sela-sela High Level Week Sidang Majelis Umum ke-77 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Senin (19/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menlu Thailand menyampaikan dukungan negaranya bagi Indonesia untuk menjadi ketua di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada 2023.

“Keketuaan ini dijalankan dalam kondisi dunia dan kawasan yang tidak mudah. Dukungan dari semua negara anggota ASEAN akan sangat membantu Indonesia dalam menjalankan keketuaannya,” tutur Retno, seperti disampaikan melalui keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (20/9/2022).

Retno mengatakan bahwa ASEAN menghadapi tantangan eksternal dan internal. Tantangan eksternal terkait dengan situasi dunia yang sangat dinamis saat ini. Tantangan internal antara lain krisis politik di Myanmar yang berkepanjangan.

Baca Juga : RCEP Disahkan, Airlangga Sebut Surplus Perdagangan bakal Naik 2,5 Kali Lipat

Kedua Menlu juga bertukar pikiran mengenai cara terbaik yang perlu dilakukan ASEAN agar perhimpunan itu dapat terus menjadi lokomotif stabilitas dan kemakmuran kawasan.

Selain itu, keduanya juga sepakat melanjutkan diskusi mengenai isu Myanmar pada Oktober mendatang di Bangkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya