SOLOPOS.COM - Gajah di Thailand terancam kelaparan di tengah lesunya pariwisata akibat wabah virus corona. (Istimewa)

Solopos.com, BANGKOK - Thailand telah menghadapi dampak signifikan dari merebaknya virus corona Covid-19. Bukan hanya manusia, sekitar 1.000 ekor gajah terancam kelaparan lantaran dunia pariwisata Thailand mandek.

Tidak ada satupun wisatawan yang datang membuat pengelola kesulitan mendapatkan uang untuk membeli makanan bagi 4.000 gajah peliharaan. Selama ini, gajah-gajah tersebut diberi makan dari uang atraksi wisata di Thailand.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karanganyar Hanya Terima 60 Stik Rapid Test, PDP Diprioritaskan

Padahal, tiap gajah membutuhkan makan hingga 200 kg setiap harinya. Lek Chailert, pendiri Save Elephant Foundation, mengatakan kemungkinan besar gajah-gajah itu akan mati kelaparan jika dibiarkan.

Ekspedisi Mudik 2024

"Jika tidak ada dukungan untuk menjaga mereka tetap aman, gajah-gajah ini, yang beberapa di antaranya sedang hamil, akan mati kelaparan atau mungkin dibawa ke jalan untuk mengemis," ujarnya kepada BBC, seperti dikutip Rabu (1/4).

Sebagai alternatif, beberapa gajah mungkin dijual ke kebun binatang atau dikembalikan ke bisnis penebangan liar, yang secara resmi melarang penggunaan gajah pada tahun 1989.

Perempuan Hamil Pelaku Perjalanan Di Sragen Meninggal Pada Hari Ke-13 Karantina Mandiri

"Ini prospek yang sangat suram kecuali beberapa bantuan keuangan diterima segera," tambah Lek Chailert.

Pada kondisi normal, memenuhi kebutuhan makanan gajah-gajah ini merupakan tantangan, apalagi di saat ini musim kemarau, yang membuat situasinya menjadi lebih ekstrem.

Kerri McCrea, yang mengelola Suaka Gajah Kindred Spirit di Mae Chaem, di utara Thailand, mengatakan penduduk desa yang tinggal di dekatnya telah membawa sekitar 70 gajah kembali ke daerahnya karena mereka tidak lagi menerima uang dari pariwisata.

Update Corona: 130 ODP dan 39 PDP Luar Daerah Dirawat di RS Solo

"Memberi makan gajah adalah prioritas tetapi masalahnya adalah tidak ada hutan yang tersisa untuk memberi makan mereka," jelasnya.

Dampak Virus Corona Thailand

McCrae, yang berasal dari Irlandia Utara dan juga merupakan salah satu pendiri cagar alam, harus berkendara hingga tiga jam sehari untuk menemukan cukup rumput dan batang jagung untuk memberi makan lima gajah dalam perawatannya.

Dia mengatakan pengasuh gajah lokal terpaksa melakukan hal yang sama.

PDP Corona Semarang Meninggal Dunia Dimakamkan di Sragen

Negara itu, yang biasanya mengandalkan pariwisata untuk sebagian besar pertumbuhan ekonominya, terpaksa menutup perbatasannya dengan semua turis dan sebagian besar negara itu tertutup.

Gajah yang bahagia, kata Kerri McCrae, biasanya mengayunkan ekornya atau mengepakkan telinganya atau bahkan mandi debu agar tetap dingin. Tapi gajah menjadi depresi ketika mereka lapar, dan tidak ada perilaku bahagia yang akan ditampilkan.

"Skenario kasus terburuk adalah bahwa pemilik harus memilih antara mereka dan gajah mereka. Orang-orang di sini tidak punya banyak, tetapi mereka melakukan apa yang diperlukan untuk menjaga gajah tetap hidup untuk saat ini," kata McCrae.

Karanganyar Hanya Terima 60 Stik Rapid Test, PDP Diprioritaskan

Hingga awal April, jumlah konfirmasi kasus positif di Thailand tercatat sebanyak 1.771 dengan angka kematian 12 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya