SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir. (Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Untuk wilayah DIY, Siklon Tropis Dahlia memberikan dampak hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di perairan selatan

Harianjogja.com, JOGJA-Siklon Tropis Cempaka dinyatakan sudah bukan kategori siklon tropis lagi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi (Staklim) Mlati. Namun, BMKG memantau Badai Tropis Dahlia, Bibit Siklon Tropis 93W dan Bibit Siklon Tropis 97S, Jumat (1/12/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Pusdalops BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan, menurut laporan situasi Sabtu (2/12/2017) per pukul 02.00 WIB, untuk wilayah DIY, Siklon Tropis Dahlia memberikan dampak hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di perairan selatan. “Pantauan Jumat, DIY berawan dan kadang turun hujan di beberapa wilayah. Angin kencang terjadi di wilayah sisi utara DIY yang mengakibatkan tiga titik pohon tumbang di Sleman dan satu titik longsor di Kulonprogo,” ungkap dia, Sabtu (2/12/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan, adapun dampak Siklon Tropis Cempaka, terjadi bencana di 611 titik yaitu angin kencang, longsor, serta banjir luapan yang tersebar di empat kabupaten dan satu kota. Masyarakat terdampak pada hari ini telah mulai kembali ke rumah masing-masing terkecuali yang terdampak cukup berat.

“Untuk percepatan pemulihan pascabencana, kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakan gerakan kegiatan bersama dalam semangat gotong royong berupa pembersihan sisa-sisa material banjir dan tanah longsor di lingkungan masing-masing atau membantu daerah yang terdampak berat,” ungkap dia.

Untuk itu, Acara Gerakan Bersama Pembersihan Lingkungan dengan tagline #JogjaTangguh akan dilaksanakan serentak pada Minggu (3/12/2017). “Maka dari itu diharapkan partisipasi dari seluruh komponen warga masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya