Tutup Iklan

Tetap Tenang! Simak 3 Cara Melacak HP yang Hilang

HP hilang yang tak kunjung ditemukan bisa kamu atasi dengan cara membelinya lagi dengan sistem kredit tanpa uang muka. Tertarik mencoba?

 Ilustrasi HP hilang. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi HP hilang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Jika Anda kehilangan HP Anda, rasanya lebih sakit dibandingkan dengan di-ghosting si doi. Kejadian ini  seakan-akan menjadi mimpi buruk yang dihindari oleh setiap orang.

Apalagi sekarang HP menjadi salah satu perangkat yang sangat dekat dan penting untuk menunjang aktivitas. Selain berisi banyak foto dan video privasi, HP juga menjadi tempat untuk menyimpan dokumen penting yang berurusan dengan pekerjaan.

Jika Anda melihat artikel ini untuk membantu teman mencari HP tersebut, lebih baik Anda back up file Anda segera. Karena jika suatu hari Anda kehilangan HP, setidaknya Anda masih memiliki foto, video dan semua dokumentasi Anda.

Baca Juga:  Trik Kreatif Mengatasi Anak Ngompol, Siapa Tahu Manjur

Namun, jika Anda adalah orang kehilangan HP tersebut, tetap tenang, karena sekarang sudah ada beberapa cara melacak HP yang bisa Anda coba. Dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui di mana posisi HP yang sedang dicuri.

Cara Melacak HP yang Hilang

1. Aplikasi Pelacak Handphone

Salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan aplikasi Google Find My Device pada HP Android dan Find My iPhone pada HP iOS. Hampir tidak ada perbedaan cara menggunakan kedua aplikasi ini.

Pertama-tama, Anda login akun google Anda di Google Find My Device atau login akun iCloud Anda di Find My iPhone. Setelah berhasil login dan tahu dimana letak HP tersebut, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, yakni “membunyikan perangkat”, “mengamankan perangkat”, hingga “menghapus perangkat”.

Baca Juga:  Geger Kabar Nissa Sabyan Hamil, Cuitan Mbah Mijan Jadi Sorotan

Jika HP tersebut masih berada di lokasi yang sama, cobalah opsi “membunyikan perangkat”. Opsi ini akan langsung membuat HP Anda berdering dengan suara yang sangat kencang. Namun, jika Anda tak mengetahui di mana lokasi HP hilang, segera amankan atau hapus seluruh data yang ada di perangkat. Dengan begitu, oknum pencuri tidak akan melakukan hal buruk pada data penting yang ada pada HP Anda.

2. Google Maps

Ternyata Anda juga bisa melacak HP Anda yang hilang dengan menggunakan Google Maps. Caranya juga sangat mudah, Anda cukup login akun Google Anda di perangkat lain atau laptop Anda.

Lalu klik simbol tiga baris dan pilih menu “Bagikan Lokasi”. Akan ada opsi waktu pelacakan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, kirim lokasi perangkat pada email Anda agar bisa melakukan aksi pelacakan.

Baca Juga:  Bukan Sekedar Minuman, Teh dan Kopi Ternyata Bisa Menginspirasi, Ini Buktinya!

3. IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan salah satu kode unik yang akan dimiliki oleh setiap HP. Nah, kode unik ini juga bisa melacak keberadaan HP Anda yang hilang. Cara ini bisa kamu lakukan jika dua cara sebelumnya tidak berhasil. Namun, cara ini memang terkesan lebih ribet dibanding dua cara sebelumnya.

Pertama-tama, Anda harus datang ke kantor polisi dan minta surat kehilangan barang. Setelah itu Anda pergi ke pihak operator seluler dengan membawa surat keterangan hilang dan informasikan nomor IMEI pada HP yang hilang ke operator seluler.

Baca Juga: Ini Sederet Prestasi Persis Solo, Klub Milik Kaesang Pangarep

Dengan begitu, pihak operator bisa langsung melakukan pelacakan keberadaan HP Anda. Meski membutuhkan proses yang sedikit lebih panjang, enggak ada salahnya jika Anda mencoba cara pelacak satu ini, kan?

Jika Tidak Berhasil Lebih Pakai Cara ini

Memang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Agar HP Anda tidak mudah hilang dan dimiliki oleh orang yang tidak bertanggung jawab, lebih baik instal aplikasi pelacak HP, gunakan pin yang cukup rumit, mencatat IMEI HP dan back up semua file penting yang ada di HP Anda.

Namun, jika HP Anda sudah terlanjur hilang dan dengan tiga cara di atas tidak juga berhasil mengembalikan atau mengetahui keberadaan HP Anda, mungkin sudah waktunya mengikhlaskan HP tersebut dan membelinya dengan yang baru.

Baca Juga:  Kapan Masa Kedaluwarsa Vaksin Sinovac dan AstraZeneca?

Kejadian tidak terduga seperti ini memaksa Anda mengeluarkan uang yang cukup merogoh kantong Anda. Di sinilah peran dana darurat bekerja, karena sah-sah saja Anda menggunakan dana darurat untuk membeli HP baru. Apalagi jika sehari-hari Anda menggunakan HP tersebut untuk menunjang pekerjaan.

Namun, jika Anda tidak memiliki dana darurat, lebih baik kredit HP tanpa uang muka saja di Kredivo. Dengan begini Anda tidak membongkar tabungan maupun merusak cash flow Anda sendiri. Dengan bunga yang ringan, hanya 2,6% per bulan, dan tenor yang fleksibel mulai dari tiga bulan, enam bulan dan 12 bulan, Anda bisa kredit HP tanpa uang muka di 350+ merchant online seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, Lazada, Blibli dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Skoliosis Bisa Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Selalu ingat, sesuaikan utang dengan kemampuan Anda, dan selalu bijak menggunakan utang ya!


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

WhatsApp Web Bisa Buat Stiker Kustom, Sudah Tahu?

Kini WhatsApp versi Web mengembangkan fitur pembuat stickers atau stiker kustom buatan sendiri.

Awas! Malware Joker Kembali, Cepat Hapus 15 Aplikasi Ini dari Android

Analis di perusahaan keamanan siber Kaspersky, Tatyana Shishkova menemukan setidaknya 15 aplikasi Android terinfeksi malware Joker.

Pesawat Luar Angkasa NASA Jadi Tameng Bumi dari Asteroid

NASA bakal meluncurkan pesawat luar angkasa pada 2022. Tujuan pesawat ini adalah menghancurkan diri ketika menabrak sebuah asteroid.

Instagram Akan Hapus Data Pribadi yang Disebar di Add Yours

Meta Indonesia mengatakan Instagram akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi.

Huawei Luncurkan MateBook 14 dan 14s Pada Desember 2021

Huawei akan segera meluncurkan dua laptop sekaligus pada Desember mendatang, yaitu MateBook 14 dan MateBook 14s.

Cara Dapat Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Berikut ini terdapat cara dan syarat untuk mendapatkan set top box (STB) gratis dari Kominfo biar bisa menikmati layanan TV digital.

Berikut Daftar Link Nonton Gerhana Bulan Sebagian

Link siaran langsung Gerhana Bulan Sebagian, 19 November 2021.

Pengin Lihat Gerhana Bulan Sebagian? Catat Jamnya

Jadwal Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia.

Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian

Menantang kemampuan kamera iPhone 13 Series untuk memotret Gerhana Bulan Sebagian.

Drone Bramor PPX Bantu Pemetaan Tol Cisumdawu

Drone Bramor PPX milik Terra Drone Indonesia menyelesaikan pekerjaan survei pemetaan udara menggunakan drone untuk proyek tol Cisumdawu.

Huawei Ajak Intip Tipikal Pacar Insinyur Cantik Ini

Insinyur cantik yang bekerja di perusahaan Huawei tertarik mencari pacar dari bidang teknologi.

Ajak Pengguna Bernyanyi, Spotify Luncurkan Fitur Lirik Lagu

Spotify luncurkan fitur baru berupa lirik lagu.

Oppo Luncurkan A95, Ini Harga dan Fitur Unggulannya

Oppo A95 resmi diluncurkan membidik pengguna muda.

Peretasan Data Polisi: Akun Penggunggah Database Polri Ditangguhkan

Twitter batasi akun penyebar data personel Polri.

Doa dan Harapan Masuk 5 Besar Reels Instagram Paling Digemari

Konten komedi rangking satu dan konten doa dan harapan ranking lima paling banyak digemari pemirsa Reels Instagram Indonesia.