SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO–Atap adalah bagian atau salah satu elemen penting dalam sebuah bangunan. Letaknya di bagian atas bangunan yang berfungsi melindungi ruangan di bawahnya dari tetesan air, embusan angin, panas sinar matahari, dan debu sehingga penghuni di dalamnya tetap nyaman.

Karena keberadaannya cukup penting, atap rumah atau atap sebuah bangunan harus mampu melindungi penghuni di bawahnya sehingga tetap nyaman kala hujan dan panas di siang hari.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Sebuah atap rumah atau atap bangunan harus memenuhi sejumlah syarat, seperti bahan yang digunakan harus mampu menahan panas, dingin, dan bunyi. Rapat terhadap air hujan sehingga tidak tembus air alias bocor kala hujan.

Atap rumah sebaiknya tidak mengalami perubahan bentuk akibat pergantian cuaca, karena ini akan berimbas pada kondisi ruangan yang ada di bawahnya. Karena letak atap di atas suatu bangunan, sebaiknya gunakan bahan yang tidak terlalu banyak memerlukan perawatan khusus.

Menurut Sales Counter Toko Panorama Solo, Pristi, saat ini ada beragam atap rumah. Berbeda pada masa lalu, ketika atap hanya ada genting dari bakaran tanah liat dan seng. Kini ada beberapa pilihan yang bisa dibeli konsumen sesuai keinginan dan kemampuan keuangannya.

Apabila dulu hanya genting yang bisa dibeli per biji, kini ada genting dengan bahan seng yang dicetak mirip bentuk genting yang dijual per lembar, terdiri atas mulai tiga daun [model genting] hingga enam daun,” terang Pristi.

Selain genting berbahan tanah liat yang dibakar, kemudian seng yang dibentuk seperti genting, ada juga genting beton, genting keramik, dan genting berbahan aspal yang dicampur limbah kemudian dipadatkan. “Untuk genting berbahan seng, saat ini juga ada yang sudah dilapisi semacam serbuk khusus untuk meredam bunyi ketika turun hujan,” ujar Pristi.

Namun, yang terpenting menurut Pristi, adalah lokasi rumah atau bangunan tersebut berada. Apakah di dekat pantai, di dataran rendah, di pegungunan atau dataran tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya