Tetap New Normal Saat Positif Covid-19 Tambah, Bupati Karanganyar: Enggak Usah Khawatir
Aparat Polres Sukoharjo melakukan penyekatan arus balik Lebaran di posko pemantauan Covid-19 depan Polsek Nguter, Selasa (26/5/2020). (Istimewa/Satlantas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemkab Karanganyar akan tetap melaksanakan program new normal alias kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19.

Padahal, hingga Kamis (4/6/2020), data pasien positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar tercatat empat orang. Tiga orang warga Kecamatan Jaten dan satu orang warga Kecamatan Karanganyar.

Suami Sembuh, Istri Alumni Ijtima Gowa Asal Jaten Karanganyar Positif Covid-19

Dua orang bekerja di Pemkot Solo sebagai tenaga kesehatan. Mereka berdomisili di Kabupaten Karanganyar.

Satu orang merupakan istri dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Lelaki tersebut dari Klaster Gowa dan sudah dinyatakan sembuh. Saat ini perempuan tersebut sudah dirawat di rumah sakit.

Satu lagi warga yang mengantongi KTP Kabupaten Karanganyar tetapi bekerja di Semarang sejak tiga bulan lalu.

Round-Up Covid-19 Karanganyar: Sempat Zero, Kasus Positif Tambah 3 Orang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan kondisi tersebut tidak menyebabkan program kenormalan baru terhenti.

"Ya jalan terus. Enggak usah khawatir. Mereka sembuh semua sebentar lagi. Tambahan ini kan sudah jelas posisinya. Mereka nakes, lebih terdidik, sudah bisa apa yang dia lakukan sendiri. Sekalipun sudah di swab dan di rumah sakit. Dan satunya keluarga Klaster Gowa. Rapid test dan swab berubah-ubah hasilnya. Ini tinggal menunggu sekali lagi kalau negatif selesai," ujar Bupati saat berbincang dengan wartawan seusai rapat paripurna di DPRD Kabupaten Karanganyar, Kamis.

New Normal Covid-19 Karanganyar

Dia memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan tetap melaksanakan kenormalan baru. Tetapi, Yuli, sapaan akrabnya, mengingatkan masyarakat agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

38 ASN Karanganyar Dimutasi, Bupati Ingatkan ASN Aktif di Lingkungan

"New normal itu tetap terus berlangsung. Terus kami disiplinkan lebih kepada persoalan kesehatan. Selalu kami semua wajib bermasker, cuci tangan, jaga jarak yang harus menjadi fokus perhatian. Terus dilakukan. Tambahan itu sudah dideteksi seberapa tingkat pantauan supaya kemungkinan tidak menular sudah diantisipasi. Jalan terus new normal," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi. Kapolres menyampaikan anggota di tingkat desa, yakni bhabinkamtibmas bekerja sama dengan satgas Covid-19 tingkat kecamatan memantau dan memastikan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing terkendali selama pandemi Covid-19.

Selain itu, beberapa kali Polres Karanganyar menyalurkan bantuan dalam bentuk bahan makanan maupun paket sembako kepada warga terdampak Covid-19.

Pengelola Wisata Karanganyar Siap Buka dengan Protokol New Normal

"Kunci dari new normal itu adalah disiplin. Kalau masyarakat mau dan sudah menempatkan disiplin sebagai kebutuhan maka new normal bisa jalan. Disiplin untuk pakai masker, cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, kemudian jaga jarak," ujar dia saat berbincang dengan wartawan di Mapolres Karanganyar, Kamis.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho