Kategori: Leisure

Tetap Hangat di Musim Hujan, Lakukan 8 Cara Berikut


Solopos.com/Ratih Nisa Intana

Solopos,com, SOLO -- Perubahan suhu yang dari cuaca yang panas terik menjadi dingin dan lembap seringkali menyebabkan tubuh gampang terserang penyakit. Tidak heran banyak orang mengalami flu dan pilek saat musim hujan tiba.

Oleh karena itu, penting melakukan beberapa upaya  untuk menjaga kehangatan badan sekaligus menjaga kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga hingga membawa payung atau jas hujan dapat dilakukan untuk menghindarkan tubuh terkena penyakit. Selain itu, masih ada ada beberapa cara lain, seperti yang dikutip dari Liputan6.com belum lama ini.

Dokter Spesialis Anak: Vaksin Tidak Bahaya, Justru Banyak Manfaatnya

Penuhi asupan kalori tubuh

Tubuh membutuhkan bahan bakar agar suhunya tetap terjaga, apalagi pada cuaca dingin. Oleh karena itu, kita harus memenuhi kebutuhan kalori agar tubuh bisa bekerja dan menjalankan fungsinya secara normal. Setidaknya, konsumsi satu makanan hangat dalam sehari, begitu juga dengan buah, sayuran, dan makanan yang tidak diolah lainnya.

Penuhi kebutuhan cairan

Tubuh juga tetap harus terhidrasi saat musim hujan. Sebab,  kekurangan cairan dapat membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat gampang terserang penyakit. Konsumsilah  susu atau teh hangat sebagai salah satu cara menghangatkan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan cairan. Namun, usahakan tetap minum air putih minimal 8 gelas atau sebanyak 2 liter per hari.

Makan makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga bisa menjadi cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan. Saat makan makanan pedas, keringat akan keluar dan biasanya kamu akan kegerahan dan rasa dingin tak lagi terlalu terasa menusuk. Namun, jika punya masalah atau gangguan pencernaan, sebaiknya jangan makan makanan pedas terlalu banyak.

Penuhi kebutuhan zat besi dan vitamin B12

Cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan berikutnya adalah memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin B12.  Kedua zat tersebut harus tercukupi agar tidak terkena anemia. Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah terlalu sedikit dan tak bisa mengantarkan oksigen dengan cukup ke seluruh tubuh. Anemia bisa membuat tubuh merasa kedinginan.

Wanita hamil rentan anemia karena kadar kebutuhan zat besinya lebih tinggi. Untuk mengatasinya, konsumsi daging ayam, telur, atau ikan untuk mendapatkan vitamin B12. Sementara itu, dapatkan kandungan zat besi dengan mengonsumsi unggas, makanan laut, buncis, dan sayuran berdaun hijau.

Beredar Info Bangsal Isolasi Covid-19 Di Solo Penuh, Cek Faktanya!

Pakai kaus kaki saat tidur

Kaus kaki tidak hanya membantu menghangatkan seluruh tubuh dan kaki menjadi hangat. Namun, juga dapat memberi sinyal ke otak bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Oleh karena itu, kaus kaki bisa untuk mengatasi tidak bisa tidur karena kakinya kedinginan

Memakai pakaian berlapis

Saat musim hujan seperti sekarang, tak ada salahnya memakai pakaian berlapis. Mulailah dengan kain tipis, seperti pakaian dalam yang menyerap kelembapan. Lalu, tambahkan kaus tebal atau sweater dan kenakanlah jaket sebagai pakaian terluar.

Tiga lapisan biasanya sudah cukup menahan tubuh dari rasa dingin. Jika masih kedinginan, cukup tambahkan lapisan lain dan copot satu di antaranya jika sudahmerasa kegerahan.

Gunakan flanel

Pakaian berjenis flanel akan membuat tubuh tetap nyaman dan memberi kesempatan tubuh "bernapas".  Tubuh juga tidak akan terlalu panas atau lembap karena berkeringat saat mengenakan baju berbahan flanel. Apabila benar-benar kedinginan, coba pakai celana panjang dan penutup kepala untuk tidur.

Berolahraga

Jalan-jalan atau joging bisa dilakukan sebagai cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan. Jika di luar terlalu dingin, lakukan saja olahraga di dalam ruangan, seperti sit up dan push up. Tidak hanya menghangatkan tubuh, olahraga ringan ini membantu membangun otot dan membakar kalori.

Olahraga ringan juga dapat meningkatkan suhu tubuh untuk sementara waktu. Pastikan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Dimodifikasi pada Rabu, 25 November 2020 17:13

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati