Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi, Mahasiswa Geologi ITNY Juara Lomba Artikel
Mahasiswa Teknik Geologi ITNY, Moh Alfariji kembali berprestasi di tengah pandemi. (istimewa)

Solopos.com, SOLO--Mahasiswa Teknik Geologi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Moh Alfariji kembali berprestasi di tengah pandemi.

Kali ini ia  berhasil meraih Juara dalam lomba sayembara artikel yang diselenggarakan oleh Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (Perhimagi). Kegiatan ini diselanggarakan secara virtual pada 1 sampai 26 februari 2021.

Pada perlombaan ini hanya diambil satu artikel terbaik sebagai pemenang. Moh Alfariji bersama teman satu angkatan, Vilman Sidik, mengambil tema Analisis Kerawanan Tsunami dalam Upaya PenyusKnan Rencana Tata Kelola dan Pengembangan Wilayah di Geoparak Karangsambung-Karangbolong Zona Selatan.

Baca Juga: Solopos Hari Ini: Jangan Ada Diskriminasi

Pengambilan tema tersebut dilatarbelakangi keberadaan geopark Karangsambung-Karangbolong yang sangat menarik untuk dikaji dari segi kebencanaan.

Senang Menulis

Hal ini tidak lepas dari posisi dan letak geografis geopark Karangsambung-Karangbolong yang memiliki potensi bencana. Sehingga dalam penataan ruang perlu dilakukan kajian dari sisi kebencanaan untuk meminimalisasi risiko yang ada.

“Sejak dahulu saya senang menulis terutama tentang geologi,” kata Alfariji dalam rilis tertulis yang diterima Solopos.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Dorong Penggunaan Gas Bumi, PLN GG-DEB Teken MoU Pengembangan LNG Terminal Bali

Beberapa prestasi yang telah diraih Alfarizi di penghujung tahun 2020 adalah Juara 3 tingkat nasional karya tulis ilmiah Universitas Brawijaya, juara 2 Borneo Geological Event (Neogen) Competition’ Universitas Mulawarman, Kalimantan, serta juara 1 Geology Olimpic Day Universitas Syah Kuala.

Kepala Program studi Teknik Geologi ITNY, Adi Prabowo mengatakan bahwa dari awal masuk kuliah yaitu tahun 2017 Alfariji sudah cukup banyak menorehkan prestasi untuk ITNY terutama di bidang karya tulis ilmiah.



Berita Terkini Lainnya








Kolom