Iring-iringan Mobil Honda BR-V menaklukan jalan menajak di kawasan obyek wisata Umbul Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang. (Insetyonoto/JIBI/semarangpos.com)

Test drive Honda BR-V dilakukan di jalanan menuju Umbul Sidomukti, Semarang.

Solopos.com, SEMARANG-Mobil generasi terbaru crossover, Honda BR-V digadang-gadang sebagai kendaraan yang tangguh disegala medan jalan, termasuk jalan terjal dan menanjak.

Untuk membuktikan ketangguhan mobil yang diluncurkan secara resmi kepada publik pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2015 di Tangerang, Honda Semarang Center memberikan kesempatan jurnalis melakukan test drive Jumat (15/1/2016).

Mengambil start di kantor Honda Semarang Canter di Jl. Setiabudi No 124 Semarang, para jurnalis menjajal Honda BR-V menuju ke obyek wisata Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang berjarak sekitar 26 km.

Mengendarai Honda BR-V varian otomatis CVT (transmisi continous variable) yang ramah lingkungan, mobil meluncur di tengah kepadatan arus lalu lintas jalur utama Semarang-Solo.

Penggunaan CVT menyebabkan perpindahan trasmisi lebih halus sehingga tidak terjadi hentakan saat berjalan lagi setelah berhenti karena lampu traffic light berwana merah atau terjebak kemacetan kendaraan.

Cuaca panas selama perjalanan juga tidak terasa bagi mobil berkapasitas tujuh penumpang itu, karena dengan menggunakan AC double blower penumpang yang duduk di kursi baris kedua dan ketiga ikut menikmati kesejukan.

Ketangguhan mobil Honda BR-V crossover teruji saat memasuki jalan menuju ke Umbul Sidomukti. Kondisi jalan sepanjang sekitar 3,5 km menuju obyek wisata itu sempit hanya cukup dilalui satu mobil, terjal, tikungan tajam, dan menanjak sehingga membuat andrenalin terpacu.

Tanjakan jalan yang sudah dibeton itu cukup ekstrim, hampir mencapai 90 derajat, sehingga bila performa mesin tidak optimal bisa mogok di tengah jalan.

Namun, Honda BR-V yang mengusung mesin 4 silinder 1,5 liter i-VTEC dengan tenaga maksimal 120 PS dan torsi maksimum 14,8 kg.m terbesar di kelasnya, mampu menaklukan medan esktrim tersebut dengan mulus, tanpa hambatan.

Mobil tidak sampai menggerung saat melewati tanjakan jalan yang panjang tersebut. Dukungan fitur hill start assist pada Honda BR-V memberikan kemudahan akselerasi sehingga ketika harus berhenti di tengah jalan menanjak dan berjalan lagi tidak sampai melorot ke bawah.

Demikian pula saat melintasi tikungan demi tikungan yang tajam Honda BR-V tetap tenang, karena didukung fitur vehicle stability assist (VSA) yang memberikan kestabilan mobil.

Ketika melintasi jalan yang berlobang dan ada gundukan, Honda BR-V yang memiliki ground clearance mencapai 201 mm tertinggi di kelasnya mampu melewatinya.

Penggunaan sistem pengereman anti-lock breaking system (ABS) dan electronic brake-force distribution (EBD) menambah kemantapan menaklukan jalan ekstrim tersebut.

Untuk menaklukan tanjakan ekstrim Umbul Sidomukti itu tuas trasmisi mengunakan D (normal) tidak sampai bepindah ke L (gigi maksimal). Hal ini berkat ketangguhan mesin yang mampu memberikan akselerasi dan tenaga andal.

Ketegangan selama perjalanan menuju Umbul Sidomukti terbayar tuntas setelah sampai dilokasi disambut dengan pemandangan pegunungan yang menawan.

Direktur Honda Semarang Center Soemantri mengatakan memilih rute Umbul Sidomukti yang menanjak untuk melakukan test drive agar para jurnalis bisa membuktikan ketangguhan Honda BR-V.

”Bila rekan jurnalis sudah merasakan sendiri ketangguhan Honda BR-V bisa disampaikan kepada masyarakat umum melalui penulisan di media massa,” ujarnya.

Soemantri menambahkan sudah ada 600 konsumen di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah inden membeli Honda BR-V.

Marketing Manager Honda Semarang Center Eddy Haryanto menyatakan penyerahan perdana mobil Honda BR-V kepada konsumen akan dilakukan pada 27 Januari 2016 di Semarang. ”Tahap pertama akan diserahkan sebanyak 50 unit Honda BR-V kepada konsumen,” kata dia.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten