TESDA, Wisata Edukasi Sumber Daya Air di Tengah Kota Purwokerto

Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto

 Pemandangan Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) Banyumas (Instagram/@sccpurwokerto)

SOLOPOS.COM - Pemandangan Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) Banyumas (Instagram/@sccpurwokerto)

Solopos.com, BANYUMAS  — Selain wisata curug dan wisata alam lainnya, Kabupaten Banyumas rupanya memiliki wisata air di tengah kota yang begitu megah. Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto.

Sesuai dengan namanya, taman ini dibangun sebagai media edukasi sumber daya air di Purwokerto. Melalui pantauan Solopos.com di laman Instagram @sscpurwokerto, Senin (26/7/2021), bangunan pada taman ini tampak begitu megah.

Dalam bangunan ini terdapat jembatan yang pilarnya dibuat seperti lorong, selain itu di sekiling jembatan terdapat kolam dan juga terdapat ikan nila didalamnya. Taman ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat karena pengunjung tidak harus jauh-jauh ke wisata curug untuk mendengarkan gemercik air dan menikmati keindahan, karena di taman ini pengunjung sudah dapat merasakan seperti di wisata air pada umumnya.

Baca Juga : 7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Saat malam hari, taman ini akan tampak indah dengan gemerlap cahaya karena lampu penerangan yang dipasang di area taman akan dinyalakan. Mengutip situs Jatengprov.go.id, pembangunan taman ini sudah dimulai sejak tahun 2016 silam dan selesai dibangun pada tahun 2018.

Saat itu ground breaking atau peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. Dalam acara peletakan batu pertama itu dihadiri juga oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Kepala Dinas PU dan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah,.

Kepala Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Serayu, Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Forkompimda Kabupaten Banyumas,   StafAhli Bupati, Dekan Fakultas Teknik & Fakultas Pertanian Unsoed, Camat Purwokerto Timur beserta Lurah se-Kecamatan Purwokerto Timur dan Presiden Rotary Club Purwokerto.

Baca Juga : Hotel Kapsul di Jogja Ini Jadi Solusi Turis Low Budget

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan pembangunan taman merupakan kerjasama Pemkab Banyumas bersama Pemprov Jateng dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) dan persiapan pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2016 silam. Pemkab Banyumas menyiapkan tamannya, Pemprov untuk irigasinya, dan BBWS-SO berkaitan dengan sungainya.

TESDA ini dibangun pada lahan seluas 1.000 meter persegi dan taman ini juga dilengkapi dengan Gedung pengelolaan sumber daya air. Bupati Achmad berharap dengan adanya taman tersebut akan menjadikan masyarakat mengetahui manfaat air sungai bagi kehudupan sehingga meningkatkan kesadaran akan menjaga kebersihan sungai.

Lokasinya sangat strategis, berada di Jl. Jenderal Soedirman pusat Kota Purwokerto, sehingga memudahkan warga yang ingin berkunjung dan belajar banyak bagaimana pengelolaan air sungai bagi masyarakat Kabupaten Banyumas, khususnya Kota Purwokerto. TESDA ini dilengkapi dengan kamera CCTV, jadi siapa pun yang berbuat usil, yang berdampak pada kerusakan fasilitas seperti membuang sampah sembarangan, mengambil ikan, atau perbuatan usil  lainnya, langsung akan mendapatkan sanksi tegas

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Masuk Mapolda Jateng Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi tidak hanya tamu namun juga seluruh anggota polisi yang masuk ke Mapolda Jateng.

Murah Meriah! Tiket Masuk Grand Canyon Versi Hitam di Pekalongan Cuma Rp5.000

Disebut sebagai Black Canyon dikarenakan tebing-tebing yang mengapit ini ini terdiri dari batu-batu berwarna hitam yang menjulang tinggi

Polda Gelar Operasi Patuh Candi 2021, Tapi Aparat Tidak Boleh Melakukan Razia

Kapolda Jateng memastukan Operasi Patuh Candi 2021 dilakukan secara humanis, tak ada penindakan.

Profil Yuliyanto, Wali Kota Salatiga yang Gantengnya Mirip Aktor Hong Kong

Inilah profil Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, yang berparas tampan dan dinilai mirip aktor Hong Kong.

Setahun Pandemi, Pelanggaran Lalin di Jateng Turun 87,7%

Kapolad Jateng menyebut angka pelanggaran lalu lintas selama masa pandemi Covid-19 menurun signifikan. Di sisi lain, Polda Jateng kembali menggelar Operasi Patuh Candi 2021 hingga 30 Oktober 2021

Potret Megah Istana 81 Ha Milik Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang

Berikut ini terdapat potret megah istana yang dulunya seluas 81 ha milik Oei Tiong Ham di Semarang, konglomerat pertama Asia Tenggara.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Nikmatnya Glotak Tegal, Makanan Unik Khas Kota Bahari, Pernah Coba?

Glotak adalah salah satu kuliner khas Tegal yang dibuat dari gembus atau ampas kedelai yang dimasak dengan beragam bumbu pedas dan juga kaldu.

Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Kuliner Pekalongan berupa pindang tetel menjadi sajian yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana, karena rasanya yang lezat tiada duanya.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

Mesin ATM Bank Jateng di Kota Semarang Dibobol, Rp849 juta Raib

Peristiwa pembobolan ATM milik Bank Jateng terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Plalangan Gunungpati, Semarang.

KLHK Pantau Keberadaan Macan Tutul di Pegunungan Lasem Rembang

Selain dugaan keberadaan macan tutul, ada pula hewan terancam punah lainnya di Pengunungan Lasem Rembang.

Pemkab Grobogan Fasilitasi Swab Antigen Peserta Tes CPNS

Link pendaftaran swab antigen bagi peserta tes CPNS sudah diunggal melalui akun Instagram BKPPD Grobogan.