Tutup Iklan

Tes Urine Mendadak, Prajurit TNI Wonogiri Negatif Narkoba

Tes narkoba melalui urine dilaksanakan secara berkala dan pelaksanaannya secara mendadak.

 Petugas mengecek hasil tes urine di Makodim 0728/Wonogiri, kawasan kota Wonogiri, Senin (25/10/2021). (Istimewa/Kodim Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Petugas mengecek hasil tes urine di Makodim 0728/Wonogiri, kawasan kota Wonogiri, Senin (25/10/2021). (Istimewa/Kodim Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRIKodim 0728/Wonogiri menggelar tes narkoba melalui urine mendadak bagi anggota di Makodim kawasan kota Wonogiri, Senin (25/10/2021). Hasilnya, seluruh urine negatif narkoba.

Kegiatan itu dilaksanakan seusai sosialisasi mengenai Pencegahan Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Makodim. Sosialisasi diikuti 30 personel perwakilan dari seluruh Koramil.

Dandim Wonogiri, Letkol (Inf) Rivan Rembodito Rivai, melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter), Kapten (Inf) Moch. Sambudi, kepada Solopos.com, Senin, menginformasikan tes narkoba melalui urine dilaksanakan secara berkala. Pelaksanaannya secara mendadak tanpa diberitahukan kepada anggota terlebih dahulu.

Tujuannya untuk memastikan prajurit benar-benar bersih dari narkoba dan tidak terlibat dalam bisnis ilegal peredaran narkoba. Personel yang dites sebanyak 45 orang, baik personel Kodim maupun Koramil. Hasilnya semua negatif narkoba.

Baca Juga: Warga Bunderjarakan Klaten Masih Konsumsi Air Hujan

Hingga saat ini belum pernah ada hasil tes urine yang positif narkoba. Dandim Rivan dan Dandim-Dandim sebelumnya selalu menekankan agar anggota tak mengonsumsi narkoba dan tak terlibat bisnis ilegal peredaran narkoba.

Jika ada yang melanggar aturan itu hukumannya bisa diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) atau dipecat. Menurut Pasiter, mengonsumsi narkoba tidak ada manfaatnya.

Sebaliknya, narkoba berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menyerang saraf otak. Akibatnya, saraf menjadi tumpul, kemampuan berpikir lemah sehingga dapat merusak masa depan.

Baca Juga: Mulai Normal, Kain Batik Bayat Klaten Kembali Tembus Pasar Amerika

“Setiap dilaksanakan tes urine secara acak belum pernah ada yang hasilnya positif narkoba,” kata Pasiter.

Dia melanjutkan, Kodim secara konsisten turut ambil bagian dalam pencegahan peredaran narkoba, khususnya di kalangan prajurit. Salah satu upayanya dengan menggelar sosialisasi P4GN.

Kodim selalu menekankan agar para prajurit, keluarga, dan lingkungannya mampu membentengi diri dari narkoba, sehingga tidak menjadi korban sia-sia barang haram tersebut. Peredaran narkoba saat ini sudah menyasar berbagai kalangan profesi dan tidak memandang strata sosial.

Baca Juga: Petani Ditemukan Meninggal di Persawahan Karangnongko Klaten

Sasarannya tidak hanya masyarakat berkemampuan ekonomi kelas atas, tetapi juga sudah menyasar ekonomi kelas bawah, dari kota hingga pedesaan.

“Psikotropika dan zat adiktif lainya menimbulkan masalah yang sangat kompleks. Zat berbahaya itu dapat merusak dan mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara,” imbuh Pasiter.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tersesat di Gunung Merbabu, WNA Asal Ukraina Ditemukan Selamat

Seorang warga negara asing (WNA) asal Ukraina yang tersesat di Gunung Merbabu ditemukan dalam kondisi selamat pada Minggu (5/12/2021) dini hari.

8.122 Ha Sawah di Sukoharjo Bisa 4 Kali Panen Setahun, Ini Rahasianya

Lahan sawah di Kabupaten Sukoharjo yang menerapkan IP400 dan bisa panen empat kali setahun bertambah 3.122 hektare dari 5.000 hektare menjadi 8.122 hektare.

Water Barrier Terpasang, Pengendara Lawan Arus Nihil di Jensud Wonogiri

Tak ada lagi kendaraan yang melawan arus sejak pembatas jalan portabel atau water barrier di pertigaan Jl. Jenderal Sudirman (Jensud) dekat Toko Emas Semar Nusantara, kawasan Kota Wonogiri, kembali dipasang, sepekan lalu.

Solo Ditetapkan Jadi Kota Pemajuan Kebudayaan Indonesia, Apa Artinya?

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) menetapkan Solo sebagai kota pemajuan kebudayaan Indonesia saat kongres di Bogor pekan lalu.

Perhutani Kenalkan Penghijauan Sejak Dini kepada 30 Siswa TK

Sekitar 30 siswa mengikuti penanaman pohon di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.