SOLOPOS.COM - (Thinkstock)

Edinburgh (Solopos.com)--Beberapa jenis kanker bisa dideteksi dengan melakukan berbagai tes. Kini studi menemukan sebuah tes urine (air seni) sederhana yang bisa digunakan untuk mendeteksi kanker tertentu pada stadium awal.

Peneliti mengungkapkan protein yang ditemukan dalam air seni pasien dengan kanker perut, kanker usus dan pankreas bisa membantu mendiagnosis penyakit tersebut bahkan pada orang yang belum menemukan gejala.

“Jika kanker bisa didiagnosis secara dini maka kemungkinan untuk bertahan hidupnya lebih meningkat,” ujar ketua studi Dr Holger Husi dari University of Edinburgh, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (10/6/2011).

Dr Husi menuturkan tujuan dari penelitian ini adalah membantu mendiagnosis kanker lebih awal sehingga memungkinkan dokter untuk mengobati penyakit tersebut sebelum ia menyebar ke organ lainnya.

“Sebagian besar pasien kanker didiagnosis ketika sudah tidak bisa lagi dilakukan operasi dan masuk ke dalam stadium lanjut, sedangkan jika dalam stadium dini bisa dilakukan operasi atau kemoterapi yang memungkinkan pasien untuk sembuh,” ungkapnya.

Studi yang dilaporkan dalam jurnal Proteomics-Clinical Applications menemukan enam jenis protein yang ditemukan pada sampel 98 persen pasien kanker dan tidak ditemukan pada pasien non-kanker.

Namun peneliti akhirnya mempersempit molekul tersebut menjadi dua jenis protein bernama S100A6 dan S1009 yang paling mungkin muncul pada pasien kanker saluran cerna bagian atas.

Hasil studi ini menjadi hal yang penting karena hanya sekitar 10 persen pasien dengan kanker saluran pencernaan bagian atas yang mampu bertahan hidup hingga lima tahun setelah didiagnosis. Hal ini karena kanker tersebut cenderung agresif dan sering tidak terdeteksi hingga mencapai stadium lanjut.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya