Tes SKB Penerimaan CPNS Karanganyar Ditunda Gara-Gara Corona
Ilustrasi tes berbasis komputer Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS. (Antara-Adeng Bustomi)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tes seleksi kompetensi bidang atau SKB penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 Kabupaten Karanganyar yang tadinya dijadwalkan 25 Maret ditunda hingga waktu belum ditentukan.

Penundaan tersebut sebagai buntut merebaknya virus corona (covid-19) di Indonesia. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKPSDM) Karanganyar, Suprapto, menjelaskan penundaan berdasarkan surat edaran dari Menpan dan RB nomor B/318/M.SM.01.00/2020.

Di surat tersebut tertulis penundaan jadwal pelaksanaan SKB penerimaan CPNS formasi 2019. Alasan penundaan untuk menanggapi status tanggap darurat bencana nonalam pandemi covid-19.

Harapan Baru, Pasien Corona yang Sembuh di Indonesia Terus Bertambah

“Memang berdampak pada ujian karena sebelumnya itu sudah dijadwalkan 25 Maret tapi harus ditunda karena ada wabah corona,” ucap dia ketika dimintai konfirmasi Solopos.com, Rabu (18/3/2020).

Penundaan Tes SKB Diumumkan Secara Online

Meskipun ujian SKB ditunda, Suprapto menjelaskan hasil SKD penerimaan CPNS Karanganyar akan diumumkan sesuai jadwal yang sudah ditentukan pada Minggu (22/3/2020) hingga Senin (23/3/2020).

Enggan Liburkan Sekolah, Bupati Boyolali Ditegur Ganjar Pranowo

Penundaan ujian SKB dan pengumuman hasil tes SKD akan disosialisasikan melalui portal website resmi penerimaan CPNS Karanganyar. Suprapto menambahkan kebijakan penundaan ini berlaku hingga muncul keputusan baru.

“Nanti sosialisasi akan dilakukan semua di portal resmi sesuai jadwal yang ditentukan. Terkait penundaan hingga sampai kapan kami belum tahu dan tetap menunggu ditetapkannya kebijakan lebih lanjut,” papar dia.

Kadung Bayar Katering Rp100 Juta & Undangan, Warga Sukoharjo Terancam Batal Mantu

Sebelumnya, Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Solo, Lisino Soares, mengatakan pengumuman hasil seleksi bagi peserta yang lolos passing grade untuk lanjut ke seleksi kemampuan bidang (SKB) dilakukan 1,5 bulan kemudian, atau pada 22-23 Maret 2020.

“Hasil resminya akan diumumkan BKN [Badan Kepegawaian Negara]. Mereka masih mengolah hasil ujian kemudian meranking baru pengumuman. Mereka yang berhak ikut SKB adalah yang bernilai tinggi atau peringkat tiga besar berjumlah tiga kali dari formasi yang dibutuhkan. Tes SKB masih di UNS diperkirakan pada 25 Maret sampai 10 April, menunggu informasi lebih lanjut dari pusat,” jelas Lisino pada Februari silam.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom