Tutup Iklan

Tes PCR Bakal Jadi Syarat Wajib Semua Transportasi, Segini Harganya

Tes PCR bakal menjadi syarat wajib bagi penumpang semua moda transportasi menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

 Ilustrasi tes PCR (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes PCR (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah berencana menjadikan tes PCR sebagai syarat wajib semua penumpang moda transportasi menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Syarat ini diberlakukan untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19.

Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan aturan baru ini akan diberlakukan secara bertahap. Nantinya aturan ini akan mencakup pengguna moda transportasi darat, laut, dan utara.

“Secara bertahap, penggunaan tes PCR akan diterapkan pada transportasi lainnya untuk mengantisipasi periode Nataru,” kata Luhut dalam jumpa pers virtual seperti ditilik Solopos.com, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Jadi Syarat Naik Pesawat, Jokowi Minta Harga Tes PCR Jadi Rp300.000

Dia mengatakan rencananya syarat wajib PCR yang kini hanya diberlakukan bagi penumpang pesawat nantinya akan berlaku bagi semua moda transportasi. Peraturan ini secara bertahap diberlakukan menjelang libur Nataru 2022.

” Belajar dari pengalaman kita tetap harus memperkuat 3T dan 3M supaya kasus tidak kembali meningkat. Secara bertahap penggunaan tes PCR akan diterapkan pasa moda transportasi lain dalam mengantisipasi lonjakan kasus pada periode Nataru,” sambung dia.

Luhut menambahkan Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp300.000 dan berlaku 3×24 jam untuk perjalanan menggunakan pesawat. Penurunan harga tes PCR dari yang berlaku saat ini Rp495.000 hingga Rp525.000 menjadi Rp300.000 itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat.

Baca juga: Panel Ahli WHO Sebut Pemerintah Tak Bijak Penumpang Wajib PCR, Kenapa?

Meski demikian, Kementerian Kesehatan belum mengubah dasar hukum tarif batas tes PCR. Seperti diketahui, selama ini tes PCR menjadi salah satu syarat perjalanan bagi masyarakat yang hendak bepergian menumpang pesawat. Sementara moda transportasi lainnya seperti kereta api dan kapal menjadikan surat bebas Covid-19 berbasis tes swab antigen sebagai syarat jalan.

Sedangkan moda transportasi KRL maupun kereta jarak dekat serta bus antar-kota, khususnya di Jawa Tengah tidak menjadikan surat bebas Covid-19 sebagai syarat bagi penumpang. Masyarakat bebas bepergian ke mana pun asalkan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, utamanya memakai masker dan menjaga jarak.


Berita Terkait

Espos Plus

Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Berita Terkini

Kenapa Presiden Indonesia Selalu dari Jawa? Ini Sebabnya

Selama 76 tahun berdiri, Indonesia  telah dipimpin oleh tujuh presiden. Dari tujuh presiden tersebut, enam diantaranya berlatarbelakang dari Suku Jawa.

Jeff Smith Ditangkap Lagi, Polisi Sebut Kemungkinan Hukuman Lebih Berat

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Endra Zulpan, menyebut kemungkinan Jeff Smith mendapatkan hukuman lebih berat karena pernah terjerat kasus serupa.

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Kisah Ali Nguli Pasir Demi Sesuap Nasi, Hilang Ditelan Erupsi Semeru

Kisah tragis tentang Ali, seorang kuli penambangan pasir yang hilang diduga tertimbun awan panas erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021).

Jokowi Singgung Tuntutan Hukuman Mati Terdakwa Kasus Asabri, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menyinggung tuntutan hukuman mati terhadap terdakwa kasus korupsi PT Asabri.

Orang Suku Jawa Mudah Diterima, Ini Alasannya!

Jumlah populasi Suku Jawa yang cukup signifikan di berbagai daerah di Indonesia ini menjadi bukti bahwa Suku Jawa adalah kelompok masyarakat yang paling mudah diterima.

Olaf Scholz Resmi Dilantik Jadi Kanselir Jerman Gantikan Angela Merkel

Olaf Scholz resmi dilantik sebagai Kanselir baru Jerman pada Rabu (8/12/2021), mengakhiri empat masa jabatan Angela Merkel di pucuk pimpinan negara tersebut.

Update Lokasi Rawan di Semeru, PVMBG: Peta Geologi Tak Ingkar Janji

Badan Geologi Kementerian ESDM menurunkan sejumlah ahli untuk memperbarui peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Semeru di Jawa Timur.

Akun YouTube BNPB Indonesia Diretas Ethereum

Akun resmi YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diretas pada Kamis (9/12/2021).

Target Investasi Nasional Pada 2022 Capai Rp1.200 Triliun

Target capaian investasi Indonesia pada 2022 kembali ditingkatkan secara signifikan. Tidak main-main, pada tahun depan Indonesia menargetkan realisasi investasi sebesar Rp1.100 triliun hingga Rp1.200 triliun.

+ PLUS PDIP-Gerindra dan Anies Baswedan-Demokrat di Tengah Ketidakpastian

Ketiadaan perpecahan konsolidasi di antara para pihak, selain persaingan pribadi, menyebabkan situasi akan tetap cair dan tidak pasti untuk beberapa waktu.

10 Berita Terpopuler: Satpol Sukoharjo Segel Rumah dan Tengkleng Viral

Kabar petugas Satpol PP Sukoharjo menyegel rumah kosong di Gembongan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, dan tengkleng viral di Soba menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (9/12/2021).

Solopos Hari Ini: Pandemi dan Modal Optimisme 2022

Pengalaman dua tahun pandemi Covid-19 di dunia seharusnya cukup menjadi bekal bangsa Indonesia menghadapinya pada 2022. Dengan modal itu, pemerintah menampilkan proyeksi optimistis dalam pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi.

Dikecam Dunia Atas Vonis Penjara San Suu Kyi, Junta Myanmar Bergeming

Junta Myanmar pada Senin (6/12/2021) mengatakan hukuman penjara pemimpin sipil yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, dikurangi menjadi dua tahun yang awalnya empat tahun.

Target Golkar 2024: Rebut Suara di Kandang Banteng!

Henry mengingatkan agar setiap kader Golkar bekerja lebih keras dan cerdas untuk kebesaran dan kemenangan Partai Golkar.

Sejarah Hari Ini : 9 Desember 1987, Intifadhah I Meletus di Jalur Gaza

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada 9 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya dimulainya Intifadhah I.