Sopir bus mengantre di depan meja pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Wonogiri di Terminal Tipe A Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Sabtu (8/6/2019). (Solopos-Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Kesehatan Wonogiri memeriksa 102 sopir bus angkutan balik Lebaran 2019 di Terminal Tipe A Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri, Sabtu (8/6/2019). Hasilnya, seorang sopir harus diganti karena dinilai tidak laik secara medis, sedangkan tiga sopir lainnya tidak mengikuti pemeriksaan secara lengkap lantaran takut jarum.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kegiatan pekan keselamatan jalan bidang kesehatan, pemeriksaan, dan deteksi faktor risiko kecelakaan lalu lintas bagi pengemudi angkutan Lebaran 2019 di Kabupaten Wonogiri itu memeriksa 102 sopir bus. Ada tiga jenis pemeriksaaan yang dilakukan, yakni pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan lab untuk kadar alkohol, gula darah, narkoba/amphetamin, dan pengobatan.

Kegiatan itu digelar setahun dua kali sebagai antisipasi kelancaran transportasi selama Lebaran, Natal, dan tahun baru. Dari 102 sopir yang diperiksa, hasilnya meliputi: 37 orang mengalami hipertensi, 6 orang diabetes mellitus, dan tidak ditemukan adanya indikasi konsumsi alkohol maupun amphetamin.

Namun, jumlah sopir yang menderita diabetes mellitus, ada satu sopir dinyatakan tidak laik mengemudi secara medis lantaran memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi. Sopir itu diganti dengan sopir lain yang laik mengemudi secara medis.

Secara umum rekomendasi yang dberikan Dinas Kesehatan Wonogiri meliputi 54 pengemudi dinyatakan laik mengemudi secara medis, 45 sopir laik mengemudi secara medis dengan catatan, dan 3 sopir tidak mengikuti pemeriksaan secara lengkap karena takut jarum.

“Tindak lanjut sopir yang tidak laik mengemudi secara medis adalah berkoordinasi dengan Kepala Terminal Tipe A Giri Adipura dan Satlantas Polres Wonogiri untuk digantikan dengan sopir pengganti. Yang bersangkutan untuk sementara tidak diperkenankan mengemudikan kendaraan umum,” kata Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, dr. Adhi Dharma, saat ditemui Solopos.com seusai kegiatan di Terminal Tipe A Giri Adipura, Sabtu (8/6/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten