Tes Harian Covid-19 Solo Tertinggi Ketiga Se-Indonesia, Gibran: Iya, Terima Kasih...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengomentari data tes harian Covid-19 Solo yang masuk peringkat ketiga tertinggi nasional.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo masuk daftar lima kabupaten/kota dengan tingkat tes harian Covid-19 tertinggi di Tanah Air per Rabu (21/7/2021). Solo menduduki peringkat ketiga di bawah Kota Jakarta Pusat dan Kota Jakarta Selatan.

Tes harian Covid-19 Kota Bengawan mencapai target di atas 90 persen. Daerah lain dengan tingkat tes harian Covid-19 yang tinggi yaitu Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jogja, dan Kabupaten Sumenep.

Baca Juga: Bansos PPKM Darurat Untuk Pedagang Belum Ditentukan, Disdag Solo: Yang Penting Didata Dulu

Informasi tersebut berdasarkan Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat dimintai tanggapan ihwal data itu mengakui testing Covid-19 di Solo memang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Iya, [Solo] testing tinggi. Terima kasih,” tulisnya dalam pesan di Whatsapp (WA) wartawan Solo, Jumat (23/7/2021). Kendati masuk kategori daerah dengan tes harian Covid-19 tertinggi, Solo akan terus menaikkan testing.

Baca Juga: Viral Warung Loji Lawas Solo Pasang Banner Tak Ada Yang Beli, Polisi Langsung Menyerbu

Hal itu terutama terkait tracing dan tes penularan ketika ada warga yang positif Covid-19. Sebab idealnya tracing dan tes dilakukan terhadap 15 hingga 30 orang yang melakukan kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19.

“[Tracing dan tes] Akan kami tingkatkan,” kata Gibran. Selain tracing dan tes terhadap warga kontak erat dengan orang yang positif Covid-19, Pemkot Solo akan meningkatkan tes acak untuk melihat pola persebaran Covid-19 di wilayah.

Baca Juga: Inflasi Solo Juli 2021 Diprediksi Rendah Dampak PPKM Darurat

Selama ini, menurut Gibran, sudah beberapa kali dilakukan tes acak Covid-19 untuk melihat pola persebaran dan penularan virus di Solo. Tes acak dilakukan di pusat-pusat keramaian di Solo dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Namun untuk meningkatkan deteksi dini persebaran Covid-19 di Kota Bengawan, Gibran siap mengintensifkan tes acak. “Sudah sering tes acak di tempat-tempat keramaian. Tapi akan kami tingkatkan lagi,” tuturnya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Polresta Solo Tangani 17 Aduan Korban Pinjol Ilegal, Kebanyakan Diteror

Polresta Solo menerima dan menangani sekitar 17 aduan dari korban pinjaman online atau pinjol ilegal yang kebanyakan merasa terganggu teror penagih utang.

Desa Banyurip Juga Punya Program Masak Lontong Pakai Tlethong, Mantap!

Di Desa Banyurip, Jenar, Sragen, warganya juga mengembangkan energi baru terbarukan yakni biogas. Sehingga mereka punya program masak lontong pakai tlethong.

Memanen Hujan dengan IPAH Jadi Cara Warga Banyurip Atasi Kekeringan

Tandon-tandon air hujan disiapkan di setiap rumah warga Dukuh Ploso Ombo, Desa Banyurip, Jenar, Sragen untuk memanen air hujan an mengolahkan.

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Berwisata, Wisatawan Naik Dua Kali Lipat

Pengelola berharap izin tersebut bisa mendongkrak jumlah pengunjung meski tetap harus menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas.

Adaptasi dan Mitigasi Iklim Antar Banyurip Jadi Kampung Proklim

Desa Banyurip, Kecamatan Jenar, Sragen menjadi satu-satunya desa di Sragen yang mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Prokilm) dari KLHK.

Jaringan Narkoba di Klaten Selatan Dibongkar, 5 Tersangka Diringkus

Kasus narkoba yang diungkap polisi dalam beberapa pekan terakhir didominasi jenis sabu-sabu.

Hanya Desa Ini di Sragen yang Punya Aturan Perlindungan Satwa

Hanya ada satu desa yang memiliki perhatian lebih pada perlindungan satwa liar hingga menerbitkan peraturan desa larangan berburu dan membunuh hewan liar.

Jawab Kritikan, KTNA Klaten Bangun Badan Usaha

Pengembangan badan usaha itu sekaligus menjawab kritikan yang selama ini disampaikan ke KTNA.

PPKM Level 2, Bupati Karanganyar Siap Sambut Lagi Mahasiswa KKN

Pemkab Karanganyar membuka pintu lebar-lebar bagi mahasiswa yang mau melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Bahkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, siap menyambut langsung mereka.

Sering Kecelakaan, Satlantas Polres Karanganyar Gelar Zikir dan Doa

Zikir dan doa bersama menjadi upaya batiniyah Satlantas Polres Karanganyar untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang belakangan kerap terjadi.

Pelaksanaan Ganjil Genap Tinggal Tunggu Lampu Hijau Bupati Karanganyar

Kajian penerapan ganjil genap pada akhir pekan di Tawangmangu dan Ngargoyoso sudah selesai. Keputusan penerapannya kini di tangan Bupati Karanganyar.

Ganjil Genap di Tawangmangu & Ngargoyoso Diusulkan Berlaku Sabtu-Minggu

Dishub Karanganyar telah melakukan kajian penerapan ganjil genap pelat nomor kendaraaan yang menuju kawasan wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso. Rencananya dibelakukan akhir pekan.

Siap-Siap, Polisi Solo Akan Blusukan ke Sekolah-Sekolah, Ini Tujuannya!

Polisi di Kota Solo bakal blusukan ke sekolah-sekolah guna memastikan protokol kesehatan berjalan baik.

5.680 Pedagang Karanganyar Terima BLT via Kodim

Kodim 727/Karanganyar mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 5.680 pedagang secara bertahap hingga 10 hari ke depan.

Warga Lansia Takut Divaksin, Nakes Sragen Datangi Ke Rumah

Mulai Kamis (14/10/2021), Pemkab Sragen menggencarkan layanan vaksinasi ketuk pintu untuk menyasar warga lansia dan orang yang takut divaksin.