Kategori: Solo

Tes Covid-19 GeNose di Stasiun Solo Balapan Belum Bisa Dilayani, PT KAI Minta Maaf


Solopos.com/Farida Trisnaningtyas

Solopos.com, SOLO -- VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya terkait tes deteksi Covid-19 menggunakan GeNose C19 yang belum bisa dilayani di Stasiun Solo Balapan.

Joni mengatakan KAI meminta maaf atas ketidaknyamanan calon penumpang atas pelayanan tersebut. Ia mengatakan secara bertahap KAI akan menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun-stasiun besar lainnya.

“Mulai 6 Februari 2021, layanan pemeriksaan GeNose C19 untuk sementara waktu hanya tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta. Tujuannya mengoptimalkan layanan pemeriksaan GeNose C19 di kedua stasiun tersebut,” paparnya.

Baca Juga: Tes Covid-19 GeNose di Stasiun Solo Balapan Ternyata Belum Bisa Dilayani, Penumpang Kecele

Layanan tes GeNose di Stasiun Gambir dan Solo Balapan, lanjut Joni, pada dasarnya masih tahap uji coba. Untuk memfokuskan layanan, pelayanan tes tersebut akan dikonsentrasikan terlebih dahulu di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

Joni menjelaskan dalam pelaksanaannya, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun berjalan dengan tertib dan teratur. Tidak terjadi antrean panjang dan setiap peserta tetap menjaga jarak untuk menciptakan physical distancing.

Menurutnya, apabila ada lonjakan peserta tes GeNose C19 di stasiun, KAI akan secara taktis melakukan buka tutup antrean. Tujuannya agar tidak terjadi antrean panjang, kerumunan, dan protokol kesehatan tetap dapat diterapkan dengan baik.

Baca Juga: Setengah Abad Sengketa Tanah Sriwedari Solo Belum Berakhir, Legislator Berharap Keikhlasan Ahli Waris

Empat Stasiun

Sebelumnya, sejumlah calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh kecele saat hendak memanfaatkan layanan tes deteksi Covid-19 GeNose C19 di Stasiun Solo Balapan, Jumat (5/2/2021). Hal itu lantaran layanan tersebut ternyata belum bisa digunakan.

PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta merilis pengumuman pemeriksaan GeNose sudah bisa dilakukan di empat stasiun mulai Jumat (5/2/2021). Empat stasiun itu yakni Stasiun Pasar Senen, Yogyakarta, Gambir, dan Stasiun Solo Balapan.

Namun, pada Jumat sore, layanan tes tersebut di Stasiun Solo Balapan tak bisa diakses. Salah satu penumpang KAI, Satria Adi Gunawan, mengaku kecewa karena layanan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose pada kenyataannya belum bisa dipakai.

Baca Juga: Jateng Di Rumah Saja Bakal Efektif Tekan Kasus Covid-19? Ini Kata Dokter Ahli Patologi Klinik

“Pagi saya baca media online dan ada media sosial, tes GeNose bisa di Solo Balapan. Ternyata sampai stasiun, tesnya belum bisa. Petugas bilang masih uji coba dan belum tahu kapan tesnya [dengan GeNose] bisa dilaksanakan di Balapan,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat petang.

Ia bertanya lagi kepada petugas kapan layanan itu bisa diakses calon penumpang. Namun, petugas di lokasi tidak bisa memberi jawaban. "Kalau memang belum siap ya jangan bikin pengumuman bisa digunakan," gerutunya.

Tes Covid-19 menggunakan GeNose dinanti banyak calon penumpang KA karena biayanya jauh lebih murah ketimbang rapid tes antibodi maupun antigen. Selain itu, metodenya cukup cukup mudah karena tidak menggunakan tes usap tenggorokan melainkan dengan embusan napas.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih