Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

 Kerbau bule keturunan Kyai Slamet diberi makan di kandang isolasi di Magangan Keraton Solo, Kamis (28/7/2022). (Sitimewa/Humas Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Kerbau bule keturunan Kyai Slamet diberi makan di kandang isolasi di Magangan Keraton Solo, Kamis (28/7/2022). (Sitimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Jumlah kebo bule pusaka Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali berkurang dengan kematian satu ekor kerbau bernama Kiai Jabo yang berumur sekitar lima tahun, Senin (15/8/2022) sore.

Kiai Jabo menambah daftar jumlah kebo bule yang mati menjadi empat ekor dalam kurun waktu kurang lebih sebulan terakhir. Kiai Jabo mati sekitar pukul 15.25 WIB setelah sempat kejang-kejang.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sebelumnya, tepatnya pada Sabtu (6/8/2022), kebo bule bernama Kiai Gino yang baru berumur 14 bulan mati. Seperti halnya Kiai Jabo, tak diketahui secara pasti apa penyebab kematian Kiai Gino. Namun, beberapa waktu terakhir Kiai Gino memang sempat satu kandang dengan kebo bule yang terkena penyakit mulut dan kuku.

Sebelum Kiai Gino ada Nyi Apon yang ditemukan mati pada Kamis (21/7/2022) di kandang kebo bule di Alun-Alun Kidul Keraton Solo. Nyi Apon yang berumur 20 tahun dipastikan positif terkena PMK.

Satu kebo bule lainnya ditemukan mati tiga hari kemudian tepatnya Minggu (24/7/2022). Kebo bule tersebut baru dilahirkan dan belum diberi nama. Penyebab kematian, dari lahir memang tidak sehat karena induknya juga terkena PMK.

Baca Juga: Satu Lagi Kebo Bule Keraton Solo Mati, Penyebabnya Masih Misterius

Dengan kematian empat ekor kebo bule dalam kurun waktu kurang dari sebulan itu, jumlah kebo bule pusaka Keraton Solo saat ini tinggal 15 ekor.

Beberapa Bayi Kebo Bule Mati

“Sekarang jumlahnya tinggal 15 ekor. Ini dalam waktu sekitar sebulan ini mati empat ekor,” kata GKR Timoer Rumbai Kusuma Dewayani, putri Paku Buwono XIII, kepada Solopos.com, Senin.

Timoer mengatakan belum pernah terjadi ada empat ekor kebo bule mati secara beruntun seperti sekarang. Sebelum matinya empat kebo bule itu, menurutnya, juga beberapa bayi kebo bule yang mati.

Penyebabnya lahir prematur atau induknya tidak mau menyusui. Timoer berharap kematian Kian Jabo menjadi musibah terakhir. Timoer mengaku sangat sedih dengan musibah tersebut.

Baca Juga: Bukan Magic, Ini Sebab Kebo Bule Keraton Solo Warnanya Putih Kemerahan

“Wah sedih sanget nuh, sing ngopeni tenanan. Saya sakit ya ben dina rene tak tiliki kok. Kemarin dua hari ndak niliki, karena beberapa hari yang lalu saya tiliki sudah baik. Makannya banyak,” tuturnya.

Kebo bule merupakan salah satu ikon Keraton Solo. Keberadaannya dinilai penting sebagai bagian dari warisan budaya. Tiap kirab malam 1 Sura, kerbau-kerbau unik berwarna putih kemerahan itu selalu ditunggu kemunculannya.

Sebagian masyarakat percaya kotoran kebo bule yang keluar selama kirab itu bisa mendatangkan berkah kemakmuran. Tak sedikit orang yang menonton kirab malam 1 Sura demi mendapatkan kotoran kerbau bule yang kemudian dibawa pulang dan dijadikan pupuk tanaman.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Nikmatnya Soto Legendaris Mbok Dele Klaten, Jujukan Para Artis-Seniman Kondang

      Warung soto Mbok Dele menjadi salah satu warung legendaris di Klaten.

      Piknik ke Solo Sukoharjo Wongiri Naik KA Batara Kresna, Hanya Rp4.000/Orang

      Perjalanan menyenangkan Solo - Sukoharjo - Wonogiri menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      54 Jabatan Perangkat Desa di Karanganyar Tak akan Diisi, Ini Alasannya

      Ada beberapa sebab puluhan jabatan perangkat desa di Kabupaten Karanganyar tidak diisi. Di antaranya adalah jabatan yang kosong diisi dari mutasi perangkat desa lainnya.

      Jamu Jampi Usodo, Warisan Nusantara Menyehatkan Dunia

      Jamu, dari bahasa Jawa kuno jampi atau usodo sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia, telah diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nusantara yang menyehatkan dunia.

      Tiket Presale Konser Dewa 19 Solo di Edutorium UMS Ludes, Sisa Harga Normal

      Tiket presale konser Dewa 19 di Solo yang akan diselenggarakan pada 26 November 2022 di Edutorium UMS Sukoharjo ludes dibeli Baladewa.

      Dinilai Kurang Aman, Jembatan Sasak Bengawan Solo akan Diganti Jembatan Darurat

      Pemkot Solo berencana mengganti jembatan sasak di Kampung Beton, Kelurahan Sewu, ke Mojolaban, Sukoharjo, dengan jembatan darurat yang lebih aman.

      Wow! Penyandang Disabilitas Wonogiri Digelontor Rp1,2 Miliar

      Pemkab Wonogiri memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 350 penyandang disabilitas di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

      Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.