SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berbincang dengan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa saat acara peresmian Pasar Legi Solo, Kamis (20/1/2022). (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota, FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan alasan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam acara peresmian Pasar Legi Solo, Kamis (20/1/2022) pagi.

Menurut Rudy, sapaan akrabnya, Ganjar tak bisa datang karena undangan untuknya dari Kementerian PUPR mendadak. “Jadi semalam saya teleponan dengan Pak Ganjar, sekitar pukuk 23.30 WIB. Beliau mengatakan baru dapat undangan [peresmian Pasar Legi] ya malam itu,” jelas Rudy kepada wartawan saat menghadiri acara peresmian pasar tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rudy mengatakan sebelum menerima undangan tersebut, ia sudah telanjur mengiyakan undangan dari pemerintah pusat untuk memberikan paparan terkait mitigasi bencana di Jawa Tengah. Ganjar, lanjut Rudy, sudah meminta izin kepada Menteri PUPR bahwa ia tidak bisa hadir di acara peresmian Pasar Legi Solo.

Baca Juga: Puan Maharani Resmikan Pasar Legi Solo, Ganjar Pranowo Tidak Hadir

“Ya kalau undangannya diterima dua hari sebelumnya mungkin Pak Ganjar bisa meminta agar presentasi soal kebencanaan itu diundur dulu,” ujar Rudy yang mengaku mendapat undangan dari Kementerian PUPR untuk menghadiri acara peresmian itu tiga hari sebelumnya.

Mengenai Pasar Legi Solo yang baru saja diresmikan, Rudy berharap bisa menjadi pasar induk yang bermanfaat bagi para petani di wilayah Soloraya sebagai bagian dari pasar KERIS (Kebangkitan Ekonomi Rakyat Indonesia Surakarta).

Baca Juga: Pasar Legi Solo Bocor dan Banjir, DPRD Kecewa, Gibran Minta Maaf

Kepala Daerah Soloraya Hadir

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan bangunan baru Pasar Legi Solo, Kamis pagi. Selain itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan beberapa kepala daerah di Soloraya hadir dalam acara itu.

Ada Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Jekek), Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Bupati Klaten Sri Mulyani. Dalam sambutannya, Puan meminta Pemkot Solo dan seluruh warga pasar ikut menjaga dan merawat sehingga pasar tersebut bisa berguna dalam jangka panjang.

Baca Juga: Belum Diresmikan, Bangunan Baru Pasar Legi Solo Malah Kebanjiran

“Semalam saya mendapat laporan karena hujan deras kemarin pasar kena tampias. Ke depan ini harus bisa diantisipasi jangan sampai terjadi lagi. Karena kalau sampai terjadi genangan pasti sangat mengganggu aktivitas pedagang maupun pembeli,” ujar Puan.

Setelah sambutan, Puan menandatangani prasasti peresmian Pasar Legi Solo tersebut lalu membagi-bagikan kaus, mainan anak-anak, serta berbelanja di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya