SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Mobil melintasi rel KA. (Mobil88.astra.co.id)

Solopos.com, SOLO — Video sebuah mobil terseret Kereta Api (KA) jarak jauh viral di media sosial. Penuturan penjaga pintu, mesin mobil mati saat melintasi rel.

Mobil yang mesinnya mati mendadak saat melintasi rel KA dan tertabrak KA Semarang-Gambir terjadi di dekat Stasiun Tambun, Bekasi, Selasa (21/6/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tentu banyak yang sudah mengetahui, salah satu penyebab mobil tertabrak KA adalah mesin mati mendadak saat melintasi rek KA.

Kenapa bisa terjadi demikian? Dikutip dari Mobil88.astra.co.id, Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), menyebutkan di rel kereta terdapat emisi elektromagnetik.

Terlebih jika kereta api hendak melintas di jarak 600 meter, arus listrik tersebut akan menghantarkan medan magnet yang tinggi dan akan membuat mesin mobil mati di rel kereta api.

Baca juga: Ini Bahayanya Ada Batu Kerikil di Celah Ban Mobil

Penjelasannya, ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas.

Paparan dari emisi tersebut yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati. Dalam hal ini Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, akhirnya mobil macet di tengah rel.

Sementara menurut penjelasan PT KAI, mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel kereta api bisa disebabkan oleh medan magnet.

Medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api, bahkan jaraknya mencapai radius satu kilometer. Itulah alasannya petugas menutup palang pintu, bahkan ketika kereta belum terlihat.

Baca juga: Lebih Irit Mana Mobil Matik Atau Manual? Ini Faktanya

Selain karena terjadinya emisi dan medan magnet yang dihantarkan oleh dinamo lokomotif, mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api juga bisa karena sebab lain.

Yaknu karena pengendara mobil tidak memindahkan gigi mesin ke putaran yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo dan koil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif.

Faktor psikis pengemudi juga bisa menjadi penyebab mobil macet saat melintas di rel kereta. Kondisi psikis ini membuat pengendara panik dan tidak bisa berpikir jernih.

Terlebih pada mobil dengan transmisi manual, perpindahan kopling dan gas akibat panik jadi tidak stabil dan membuat mesin mobil mati dan sulit dinyalakan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya