Terungkap! Ternyata Ini Penyebab Manfaat Sarang Burung Walet Begitu Menyehatkan
Foto ilustrasi (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Apakah Anda sedang mencari tahu mengapa sarang burung walet sangat baik bagi kesehatan? Apa saja khasiat atau manfaat sarang burung walet? Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran Anda.

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 pada Selasa (31/3/2020) lalu. Itu artinya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan di sejumlah daerah di Indonesia.

Penerapan PSBB dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona di Indonesia. Masyarakat diimbau untuk di rumah saja dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Sarang burung walet dengan segudang manfaatnya yang luar biasa hadir sebagai solusi, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya gaya hidup sehat.

Apa itu sarang burung walet?

Sarang burung walet merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat.

Sarang ini biasanya terletak di tebing-tebing dan menjadi buruan para petani sarang burung walet untuk diperdagangkan.

Ilustrasi sarang burung walet
Ilustrasi sarang burung walet (Freepik)

Mengolah sarang burung walet tidaklah sebentar. Butuh waktu sekitar 5-6 jam. Mulai dari membersihkan sarang, mencuci, merebus, hingga mengolahnya agar siap dikonsumsi.

"Sarang burung walet memang sudah dikenal baik akan khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Kami mengetahui untuk mendapatkan manfaat itu perlu proses yang tidak mudah," kata Edwin Pranata, founder Realfood, dikutip dari Liputan6.com (30/10/2019).

Sarang burung walet untuk kesehatan

Seperti yang diberitakan id.theasianparent.com, air liur burung walet terbuat dari protein yang mengandung berbagai macam asam amino penting.

Air liur ini juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium, serta tinggi antioksidan untuk melawan efek radikal bebas.

Selain itu, beberapa mineral penting terkandung di dalam sarang burung walet seperti mangan, seng, kalsium, dan tembaga.

Manfaat sarang burung walet

Berikut adalah beberapa manfaat sarang burung walet yang dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sarang burung walet dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh manusia. Dengan situasi yang terjadi seperti sekarang, manfaat burung walet yang satu ini tentu sangat dibutuhkan.

Meningkatnya kekebalan tubuh membuat anda tidak gampang tertular penyakit dan membantu anda agar tetap sehat.

2. Sumber mineral penting

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sarang burung walet mengandung beberapa mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mangan bertugas untuk membantu pertumbuhan tulang, melancarkan proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino di dalam tubuh.

Mangan juga memiliki fungsi untuk mengaktifkan dan memastikan enzim bekerja dengan baik di dalam tubuh.

Sedangkan mineral tembaga memiliki peran untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Tembaga juga dapat mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen.

3. Asam amino penting

Berbagai asam amino penting yang terkandung di dalam sarang burung walet termasuk asam aspartat dan prolin yang berguna untuk regenerasi sel.

Sistein dan fenilalanin, untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, dan penyerapan vitamin D dari sinar matahari. Lalu asam amino tirosin berfungsi untuk mempercepat pemulihan setelah sakit.

4. Meredakan peradangan

Sebuah penelitian dari Malaysia yang dimuat dalam jurnal International Food Research Journal tahun 2011 melaporkan bahwa konsumsi sarang burung walet efektif membantu mengurangi produksi TNF-? (Tumor Necrosis Factor- alpha), yaitu protein khusus yang bisa memicu terjadinya peradangan sistemik dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan otak

Sarang burung walet mengandung asam sialat yang mampu menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak.

Dari majalah Trubus, peneliti dari Charles Sturt University, Bing Wang mengatakan bahwa asam sialat merupakan turunan asam N-asetilneuraminat.

Konsentrasi tertinggi asam sialat ditemukan di membran sel otak manusia, yaitu mencapai 20 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan membran lainnya.

Selain itu asam sialat berperan membangun gangliosida membran sel otak manusia.

Kandungan asam sialat dalam sarang burung walet teruji 11,9 kali lebih tinggi dibanding asam sialat dalam ASI kolostrum yang dapat mengoptimakan perkembangan otak pada janin.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sarang burung walet sejak usia kehamilan 2 bulan hinga bayi berusia 2 tahun.

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Bayi memiliki sel otak yang belum terhubung satu sama lain, sehingga membantu gangliosida berperan membantu sel otak untuk cepat terhubung. Sehingga berpengaruh terhadap proses pembentukan memori jangka panjang.

6. Mencegah resistensi insulin

Konsumsi sarang burung walet secara berkala dapat mencegah resistensi insulin, terutama bagi mereka yang belum bisa mengatur pola makannya.

Apalagi, resistensi insulin adalah faktor risiko seseorang menderita diabetes. Resistensi insulin adalah kondisi di mana terjadi gangguan insulin, hormon yang mengatur kadar gula di dalam darah.

Apa yang ada di dalam sarang burung walet akan memberi sinyal pada otak untuk memproduksi insulin lebih banyak lagi.

Alhasil, asupan lemak berlebih dari makanan dapat diimbangi. Metabolisme tubuh pun bekerja dengan lebih efektif.

7. Baik untuk kulit

Kelebihan lain dari sarang burung walet dalah sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan sarang burung walet membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati, memudarkan flek dan kerutan, dan membuat kulit lebih cerah dan tidak kusam.

Ilustrasi kulit mulus
Ilustrasi kulit mulus (Freepik)

Bahkan pada industri skala besar, sarang burung walet juga digunakan sebagai bahan baku produk kosmetik. Nutrisi dalam sarang burung walet sangat bagus untuk kecantikan kulit wajah.

8. Hormon penting

Air liur dari burung walet mengandung hormon penting untuk laki-laki dan perempuan, diantaranya adalah hormon testosteron dan estradiol.

Testosteron merupakan hormon bagi pria yang diproduksi dalam jumlah banyak. Perempuan juga memproduksinya namun dengan jumlah yang lebih sedikit. Testosteron berkontribusi meningkatkan pertumbuhan otot dan penurunan lemak.

Estradiol merupakan jenis estrogen. Berfungsi mencegah osteoporosis serta telah diimplementasikan ke dalam rencana perawatan penyakit kanker.

Program sehat sarang burung walet Realfood

Segudang manfaat sarang burung walet yang luar biasa tersebut dapat anda peroleh bersama Realfood.

Realfood merupakan program sehat berbahan dasar sarang burung walet pertama di Indonesia, yang diproduksi dan dikemas secara steril dan modern.

Realfood juga sudah sesuai dengan standar ISO 22000, sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun serta sudah bersertifikasi Halal dan BPOM.

Minuman Sarang Burung Walet Realfood
Minuman Sarang Burung Walet Realfood

Beberapa hal yang perlu anda ketahui seputar program sehat sarang burung walet Realfood:

a. Program sehat Realfood tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, dan pewarna.

b. Produk Realfood disupervisi oleh ahli gizi dan nutrisi yang berpengalaman.

c. Program sehat ini harus dikonsumsi rutin saat perut kosong agar penyerapan zat-zat aktif dari program Realfood dapat maksimal (1 jam sebelum sarapan atau 3 jam setelah makan malam).

d. Bisa bertahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan sebelum dibuka, meskipun tanpa pengawet. Karena sudah melalui proses produksi yang steril dan menggunakan system vacuum cap.

e. Program sehat 12 hari Realfood adalah awal dari perjalanan hidup sehat. Dan lebih baik dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Varian Program Sehat Sarang Burung Walet Realfood

Realfood memiliki beberapa varian program sehat 12 hari yang bisa membantu dan memberikan manfaat langsung kepada anda.

Beberapa varian tersebut adalah Stay Fit, Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Royal Wellness, dan Pure Wellness.

Selain itu ada juga varian program sehat Ever Glow yang mengandung kurma. Program sehat ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah membantu menjaga energi dan kekebalan tubuh anda.

Berikut adalah beberapa penjelasan seputar program sehat Ever Glow dari Realfood:

- Program Ever Glow merupakan merupakan semi concentrated.
- Mengandung Epidermal Growth Factor (EGF), Asam Sialat, Chondroitin Glycosaminoglycans (GAGs), Asam Amino Esensial: Valin, Leusin, Isoleusin, Arginin, Histidin.
- Sarang burung walet menutrisi paru-paru, meredakan batuk, dan menghilangkan dahak.
- Kandungan glukosa dan fruktosa yang mudah diserap, sehingga cepat menggantikan energi tubuh yang hilang.
- Kandungan Antioksidan Proantosianidin, Beta Karoten, Beta Sitosterol, Fenol, dan Selenium pada buah kurma mampu melindungi mukosa lambung.
- Kandungan Fenol, Kalium dan Natrium pada buah kurma baik untuk penderita hipertensi.
- Kandungan serat dan senyawa aktif pada kurma mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
- Kandungan Asam Sialat pada sarang burung walet mampu mencerahkan kulit.
- Kandungan Lysyl Oksidase pada sarang burung mampu meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit.

Itulah beberapa varian program sehat Realfood yang bisa dipilih sesuai dengan manfaat yang ingin anda dapatkan. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi official site Realfood di bawah ini.

realfood.co.id


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho