Tutup Iklan

Terungkap! Mahasiswi di Sleman Minum Racun Tikus Gegara Tugas Kuliah

Mahasiswi di Sleman yang ditemukan meninggal dunia di kamar indekos diduga melakukan bunuh diri dengan cara minum racun tikus.

 Ilustrasi bunuh diri. (Dok. Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bunuh diri. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SLEMAN — Mahasiswi sebuah perguruan tinggi swasta di Sleman, Yogyakarta, yang ditemukan meninggal dunia di kamar indekosnya ternyata pernah mengungkapkan keinginan untuk bunuh diri dengan cara minum racun tikus. Perbuatan itu dilakukan korban karena merasa tertekan atau stres dengan beban tugas kuliah.

Korban ditemukan meninggal dunia di kamar indekosnya di Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Kamis (21/10/2021) malam. Mahasiswa berinisial KA, 20, ini diduga sengaja menghabisi nyawanya dengan cara minum racun tikus.

Dugaan itu menyusul ditemukannya racun tikus, dan gelas plastik berisi racun tikus bercampur air mineral di kamar indekos korban. “Saat ditemukan keadaan korban lemas, tidak sadarkan diri, mulut mengeluarkan busa putih dan telentang di lantai. Diduga korban telah meninggal dunia,” ujar Kanit Reskrim Polsek Depok Barat, Iptu Matheus Wiwit, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Diduga Minum Racun Tikus, Mahasiswi di Sleman Ditemukan Meninggal

Mengacu pada keterangan para saksi, korban diketahui berada di indekos seharian sebelum ditemukan tak bernyawa. Sekitar pukul 07.00 WIB salah satu saksi masih melihat korban keluar kamarnya untuk mandi di lantai dua.

“Kemudian sekira pukul 15.30 WIB ada teman korban yang menghubungi penjaga kos untuk menanyakan korban. Kemudian penjaga kos mengecek ke kamar korban dan mendapati kamar korban dalam keadaan gelap. Di dalam sunyi tidak ada aktivitas, penjaga kos mengira korban sedang tidur di dalam kamar,” katanya.

Ditemukan Meninggal

Teman korban tersebut datang kembali pukul 19.30 WIB karena korban tak kunjung dapat dihubungi. Ketika dicek bersama penjaga kos, kondisi kamar korban masih sama, tertutup dalam kondisi gelap. Merasa curiga, penjaga kos mengecek kondisi dalam kamar melalui ventilasi. Saat itu lah didapati korban telentang di lantai dan tidak sadar.

Setelah menghubungi kakak korban, penjaga kos bersama sejumlah penghuni kos lainnya pun berusaha membuka pintu yang masih dikunci dari dalam, akhirnya bisa dibuka melalui jendela. Selain tak sadarkan diri, mulut korban juga mengeluarkan busa putih.

Baca juga: Mahasiswi di Sleman Rela Bugil Setelah Ditipu Brimob Gadungan

Wiwit mengatakan berdasarkan keterangan dari kakak korban, mahasiswi asal Sulawesi Tengah (Sulteng) itu memang pernah mengungkapkan keinginannya untuk membeli racun tikus untuk diminum. Korban yang kuliah di Prodi Teknik Industri diduga merasa tertekan dengan tuntutan kuliah.

“Sering bercerita kepada kakak korban bahwa tugas kuliah dan stres soal tugas kuliah sehingga merasa berat. Korban juga bercerita bahwa ada dua mata kuliah yang dirasa berat,” ungkapnya.

Perhatian:

Mengakhiri hidup tak akan menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Jangan biarkan keinginan itu muncul. Segera kunjungi dokter atau psikiater guna mengetahui cara terbaik untuk terbebas dari jerat keinginan bunuh diri dan depresi.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.

Berikut lima rumah sakit juga disiagakan Kementerian Kesehatan untuk melayani panggilan telepon konseling pencegahan:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565

RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 8320467

RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841

RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601

RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444

Ada pula nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.


Berita Terkait

Berita Terkini

Nataru, Jogja Larang Pesta Kembang Api tapi Pentas Seni Masih Boleh

Pemkot Yogyakarta masih mengizinkan kegiatan pentas seni dan olahraga, tetapi melarang pesta kembang api pada momen libur nataru.

Vaksinasi Covid-19 Pelaku Seni Jathilan Kulonprogo, Siap Pentas Lagi

Upaya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN Kulonprogo menyasar pelaku seni Jathilan di Kelurahan Cerme, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo.

Terungkap! Siskaeee Terekam CCTV 4 Kali Lakukan Perjalanan Lewat YIA

Siskaeee sempat 4 kali melakukan perjalanan melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dan terekam kamera CCTV di bandara.

Bandara YIA Merugi, Pemprov DIY: Bukan Karena Lokasi tapi Pandemi

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara YIA akan melakukan rasionaliasi lini bisnis dan pengurangan karyawan akibat pertumbuhan bisnis yang merugi.

Pemkab Gunungkidul: Tak Ada Pesta Kembang Api saat Malam Tahun Baru

Pemkab Gunungkidul melarang pesta kembang api dan segala bentuk kegiatan yang menyebabkan kerumunan pada malam pergantian tahun atau tahun baru.

Bekas Gudang Minuman Anggur di Jetis Ludes Terbakar

Bangunan bekas gudang produk minuman anggur 5000 Gemini di Jl. Suryonegaran No.12 Bumijo Kidul, Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta terbakar, Rabu (8/12/2021) pukul 20.10 WIB.

Sip, PT Angkasa Pura I Pengelola Bandara YIA Bayar Pajak Tepat Waktu

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA telah memenuhi kewajiban pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) kepada Pemkab Kulonprogo.

Bupati Sleman Jauh-Jauh ke Makassar Untuk Belajar Penanganan Covid-19

Bupati Sleman belajar kepada Wali Kota Makassar bagaimana cara menangani pandemi Covid-19.

Duh, Rata-Rata Lama Sekolah Warga Gunungkidul Hanya 7 Tahun

Kemauan pelajar di Gunungkidul untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dinilai rendah.

Jaringan Air Bersih Kali Bebeng Sleman Belum Bisa Diperbaiki, Kenapa?

Perbaikan jaringan air bersih di Kali Bebeng, tepatnya Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan terkendala material yang terbawa saat banjir lahar hujan Merapi pada Rabu (1/12/2021).

Titik Longsor di Bantul Bertambah, Sejumlah Hunian Warga Terancam

Sejumlah wilayah di Bantul mengalami longsor akibat hujan deras pada Selasa (7/12/2021) lalu. BPBD Bantul sementara ini baru bisa memberikan bantuan penanganan darurat.

Pemkab Sleman Kebut Perbaikan Pipa Air Bersih di Kali Boyong dan Kuning

Pemkab Sleman berupaya memperbaiki jaringan pipa air bersih di sekitaran Kali Boyong dan Kali Kuning pascabanjir lahar Gunung Merapi pada Rabu (1/12/2021).

Pemkot Yogyakarta Kirim Masker dan Sabun untuk Korban Erupsi Semeru

Pemkot Yogyakarta menyalurkan bantuan 20.000 masker medis, 40.000 hand sanitizer berukuran 60 mililiter, 576 sabun batang, dan 100 pasang sepatu boots untuk korban erupsi Semeru.

Tenang, Stok Sembako di Bantul Masih Aman Jelang Nataru

Dinas Perdagangan Bantul terus mengawasi ketersediaan sembako di tiga distributor. Hasil pengawasan sejauh ini, ketersediaan komoditas beras, gula, dan minyak goreng aman hingga Nataru.

Awasi Bus Wisata, Pemkot Jogja Andalkan Pantauan CCTV

Hal ini diterapkan karena masih ada temuan bus wisata yang lolos skrining dan tidak melewati terminal Giwangan.