SOLOPOS.COM - Pedagang Kelontong di Pasar Kota Boyolali, Linda Pratmawati melayani pembeli di warungnya, Minggu (4/9/2022). Harga telur ayam terbaru di Boyolali berangsur turun. (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan penyebab naiknya harga telur ayam di pasar saat ini. Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting) Bambang Wisnubroto menyampaikan harga telur ayam naik akibat dampak dari afkir dini oleh peternak pada saat stok melimpah dan harga turun di kala momen lebaran lalu.

Dari afkir dini yang dilakukan, membutuhkan waktu setidaknya 24 minggu untuk mengembalikan populasi. “Berdasarkan informasi dari peternak, sepanjang 2021 – 2022 harga telur rendah dan seringkali di bawah HPP sehingga mendorong peternak mengurangi populasi [afkir] dimana puncaknya terjadi pada Puasa-Lebaran 2022. Dibutuhkan waktu setidaknya kurang lebih 24 minggu untuk mengembalikan populasi ke performa optimal [Desember 2022-Januari 2023],” ujarnya, Selasa (29/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wisnu menyampaikan bahwa rata-rata nasional harga telur ayam ras di tingkat peternak pada 27 November 2022 sebesar Rp26.800/kg, naik 15,9 persen dibanding bulan lalu (month-to-month/mtm), sementara di Pulau Jawa sebesar Rp27.140/kg atau naik 15 persen dibanding sebulan lalu. Normalnya, kata Wisnu, harga di Pulau Jawa sebagai sentra produksi biasanya cenderung lebih rendah dibandingkan rata-rata harga nasional.

Kemendag mencatat harga telur ayam per 28 November 2022 telah mencapai Rp29.700 per kg, naik 1,37 persen setara Rp400 dari Jumat pekan lalu. Kondisi supply and demand sepanjang periode Juni hingga November 2022, lanjut Wisnu, diperkirakan dalam keadaan kesetimbangan, di mana apabila terjadi sedikit gangguan seperti kenaikan permintaan ketika pencairan program bantuan bagi masyarakat pada Agustus lalu berdampak pada kenaikan harga telur ayam ras baik di tingkat peternak maupun eceran.

Baca Juga: Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

Dengan demikian, berdasarkan analisis dari Kemendag, kondisi afkir dini dan peningkatan permintaan yang menyebabkan kondisi kenaikan harga saat ini. Selain itu, berdasarkan informasi dari peternak, terdapat program Bansos Sembako yang dirapel selama 3 bulan (Oktober-Desember 2022) dan BLT BBM selama 2 bulan (November-Desember 2022) yang pelaksanaannya akan dibarengi dengan Bansos Program Keluarga Harapan.

“Hal ini tentunya akan berdampak pada kenaikan permintaan telur sehingga berakibat kepada penurunan pasokan telur ke pasar. Umumnya, para penyedia/penyuplai kegiatan bantuan tersebut berlomba untuk memenuhi permintaan pelaksana kegiatan di tingkat daerah dan cenderung melakukan panic buying di atas harga pasar sehingga berdampak pada kenaikan harga telur di pasaran,” jelas Wisnu.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Terungkap! Ini Biang Kerok yang Bikin Harga Telur Ayam Naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya