Terungkap! Ini 3 Alasan Masyarakat Boleh Lepas Masker

Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan terdapat tiga faktor yang menjadi landasan untuk mendukung kebijakan pelonggaran pemakaian masker.

 dr Reisa Broto Asmoro saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jumat (18/9/2020). (Bisnis-Biro Pers Istana)

SOLOPOS.COM - dr Reisa Broto Asmoro saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jumat (18/9/2020). (Bisnis-Biro Pers Istana)

Solopos.com, JAKARTA— Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat kebijakan masyarakat boleh tidak memakai masker di area terbuka mulai Rabu (18/5/2022). Meski demikian alasan Jokowi melonggarkan pemakaian masker menuai pro kontra, di antaranya waktunya yang tidak tepat dan WHO belum memberikan sinyal pandemi berakhir.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan terdapat tiga faktor yang menjadi landasan untuk mendukung kebijakan pelonggaran pemakaian masker. Dia menjabarkan, keputusan melonggarkan pemakaian masker bukan tidak mempertimbangkan kondisi riil pandemi Covid-19 di Indonesia.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Penilaian risiko berdasarkan beberapa indikator penting yakni data harian terus menurun seperti kemarin 19 Mei hanya ditemukan 318 kasus baru Covid-19 dengan jumlah spesimen diperiksa sebanyak 127.464,” ujarnya lewat konferensi pers, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Pelonggaran Masker Berlaku Per 18 Mei 2022

Penurunan kasus konfirmasi harian tersebut disebutkan turut berdampak kepada positivity rate juga menurun yakni kurang dari 3 persen untuk saat ini.

Selanjutnya, dia mengatakan tingkat keterisian rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 juga sangat rendah, yakni kurang dari 3 persen.  “Tren kasus baru, hospitalisasi, perawatan intensif harian dan kematian di Indonesia masih rendah,” katanya.

Alhasil, dia mengatakan situasi ini lebih baik jika dibandingkan dengan situasi pasca-libur panjang Idulfitri dan Natal-Tahun baru tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Masyarakat Boleh Tak Bermasker di Tempat Terbuka

“Pada tahun ini kondisi sudah sangat berbeda, termasuk capaian vaksinasi yang sudah tinggi. Lebih dari 409 juta dosis vaksin Covid-19 disuntikkan atau lebih dari 61 persen dari total 270 juta warga Indonesia sudah divaksinasi secara lengkap sehingga semua indikator mendukung keputusan pelonggaran masker di luar ruang ini,” kata Reisa.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Satgas Covid-19 Ungkap Tiga Faktor Pelonggaran Masker Dilakukan Pemerintah

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Suhendra sempat mendapat julukan sebagai “Ayah Sejuta Anak” karena menampung 55 bayi yang kelahirannya di dunia tidak diinginkan orang tuanya. Namun, ia akhirnya ditangkap polisi karena terlibat kasus penjualan anak.

      Berita Terkini

      Erick Thohir Pamer Utang BUMN Sehat Meski Tembus Rp1.500 Triliun

      Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan jumlah utang BUMN cukup sehat meski menembus Rp1.500 triliun jika dibandingkan dengan investasinya, karena utang BUMN hanya berkisar 35% jumlah utang terhadap ekuitas.

      Polisi Tersangkut Kasus Brigadir J, Kombes Murbani Budi Disanksi Demosi 1 Tahun

      Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menjatuhkan sanksi demosi selama setahun kepada Kombes Pol Murbani Budi Pitono.

      Pendapatan Negara Rp1.764,4 Triliun, Jokowi Berterima Kasih ke Pembayar Pajak!

      Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para pembayar pajak yang sudah berkontribusi dalam memperkuat ekonomi Indonesia. 

      KY Pertimbangkan Safe House hingga Pemindahan Lokasi Sidang Ferdy Sambo

      Komisi Yudisial akan memantau persidangan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan Ferdy Sambo.

      Febri Diansyah Pastikan Dampingi Putri Candrawathi ke Bareskrim Polri

      Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J, Putri Candrawathi (PC) akan mendatangi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) untuk lapor diri dengan dipastikan didampingi kuasa hukumnya, Febri Diansyah.

      7 Juta Pekerja Telah Terima BSU Rp600.000, Kapan 7,5 juta Sisanya?

      Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melaporkan sebanyak 7.077.550 telah menerima bantuan subsidi upah (BSU) Rp600.000 tahap I-III. Lalu kapan 7,5 juta sisanya?

      Malaysia Tak Wajibkan Penumpang Pesawat Pakai Masker

      Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengeluarkan kebijakan baru yakni tidak lagi mewajibkan penumpang menggunakan masker dalam pesawat terbang.

      Otoritas Hong Kong Klaim Temukan Kandungan Etilen Oksida di Mi Instan Indonesia

      Otoritas pangan Hong Kong melaporkan jika mereka menemukan kandungan berbahaya yang ada di Mie Goreng Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour.

      Alasan Febri Diansyah Membela Putri Sambo: Tegakkan Keadilan

      Alasan Febri Diansyah membela Putri Sambo karena ingin hukum ditegakkan secara adil.

      Objektif dan Adil, Alasan Febri Diansyah Jadi Pengacara Putri Candrawathi

      Mantan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, menyampaikan alasan menjadi pengacara atau penasihat hukum istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

      Dokter: Minum Tiga Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Kesehatan Jantung

      Yamin menganjurkan untuk meminum kopi dengan sedikit gula atau bahkan tanpa gula agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

      Presiden Jokowi: Bu Menkeu Dieman-Eman APBN Kita

      Presiden Jokowi menyatakan mengeluarkan anggaran APBN harus produktif dan harus memunculkan return yang jelas.

      Memeras dengan Mengaku Wartawan, Eks Kades Diringkus Polisi

      Tersangka yang mengaku wartawan tersebut adalah eks kades berinisial SE, 40, warga Desa Turan Baru, Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong.

      Dihukum Demosi 4 Tahun Kasus Sambo, AKBP Raindra Melawan

      AKBP Raindra Ramadhan Syah adalah satu dari puluhan polisi yang tersangkut kasus Ferdy Sambo.

      Vaksin Meningitis Langka, DPR Minta Pemerintah Tak Lempar Tanggung Jawab

      Sulitnya mendapatkan vaksin meningitis di banyak tempat bisa berdampak langsung pada keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia.

      Febri Diansyah Jadi Pengacara Putri Candrawathi, Novel Baswedan: Saya Kecewa

      Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan, kecewa dengan keputusan eks Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, dan Rasamala Aritonang yang menjadi penasihat hukum istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.