SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, DOHA — Qatar memamerkan kemegahan Stadion Lusail yang akan menjadi venue laga pembukaan dan final Piala Dunia (PD) 2022. Venue berkapasitas 80.000 ini akan menjadi stadion terbesar dalam turnamen PD perdana yang bakal berlangsung di jazirah Arab.

Rancangan Stadion Lusail diungkap dalam sebuah acara gala di Doha, Sabtu (15/12/2018). Desain rancangan firma asal Inggris, Foster+Partners tersebut merupakan desain kedelapan yang diperkenalkan Supreme Committee for Delivery and Legacy (SC), badan yang bertugas menyiapkan Qatar sebagai tuan rumah PD 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rancangan stadion menggunakan gaya arsitektur Arab sebagai perayaan tradisi kuno keterampilan negara penyelenggara. Hal itu muncul pada penggunaan “fanar”, lentera khas kawasan Arab, yang mengelilingi stadion.

Ekspedisi Mudik 2024

Proses konstruksi stadion sendiri sudah berjalan sejak 1 April 2017. Sekjen FIFA, Fatma Samoura, memuji komitmen istimewa Qatar yang terus berkelanjutan dalam membangun Stadion Lusail. “Stadion-stadion yang ada termasuk stadion megah yang pernah ada di dunia dan venue yang ditawarkan untuk laga final sangat indah,” ujar Fatma seperti dilansir sc.qa, Sabtu (15/12/2018).

Terletak 15 kilometer di utara Central Doha, stadion akan menjadi pusat dari Lusail City, yang pembangunannya sekitar 90% selesai. Setelah PD 2022 selesai, Lusail akan diubah menjadi ruang komunitas multifungsi yang mencakup sekolah, kafe, fasilitas olahraga, klinik kesehatan, serta pusat perbelanjaan. Untuk memfasilitasi perubahan itu, kapasitas stadion akan dikurangi menjadi 20.000 orang.

“Stadion baru ini merupakan penghormatan kami atas sejarah serta menjadi simbol masa depan yang cerah. Dibangun di tempat yang sama dengan rumah pendiri negara kami, lokasi stadion ini tepat berada di jantung kota yang baru,” ujar Sekjen SC, Hassan Al Thawadi.

Piala Dunia di Qatar akan dimulai 21 November 2022. Sebelumnya, negara Teluk tersebut mengalahkan para pesaing seperti Australia, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya