Terungkap! Begini Modus Pelaku Selundupkan 8 Kg Sabu-Sabu ke Semarang

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, menyebut modus yang digunakan pelaku penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu 8 kg ke Semarang terbilang baru.

 Suasana jumpa pers pengungkapan kasus penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu 8 kg di Mapolrestabes Semarang, Senin (13/12/2021). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

SOLOPOS.COM - Suasana jumpa pers pengungkapan kasus penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu 8 kg di Mapolrestabes Semarang, Senin (13/12/2021). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Polisi telah menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu seberat 8 kg di Pelabuhan Tanjung Mas, Kota Semarang. Tak hanya itu, polisi juga mengungkap modus baru yang dilakukan pelaku dalam menyelundupkan barang terlarang tersebut.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan upaya pengiriman sabu-sabu itu terungkap pada Senin (6/12/2021). Selain menyita sabu-sabu seberat 8 kg, polisi juga menangkap pelaku, Helianto Kosim, 42, warga Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah, yang mengaku bertugas sebagai kurir.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Pelaku HK didapati membawa sabu seberat 8,4 kilogram,” terang Kapolda saat menggelar jumpa pers di Mapolrestabes Semarang, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Polisi Gagalkan Peredaran 8,4 Kg Sabu-Sabu di Semarang

Modus yang dilakukan HK adalah memindahkan paket sabu-sabu yang dibungkus menggunakan kardus dari mobil bak terbuka ke truk Fuso berpelat nomor B 9776 TYU saat berada di Kapal KM Dharma Kartika VII.

Dijelaskan Kapolda, pelaku menitipkan barang berisi sabu-sabu di truk yang sedang berada di kapal. Hal itu dilakukan pelaku saat kapal telah menyandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Tersangka juga membuang ponsel yang digunakan untuk menghubungi pelaku menyuruhnya. “Pelaku menitipkan barang ke truk yang tidak dikenal. Karena tidak dikenal sopir truk melaporkan kejadian itu ke anggota kami untuk dilakukan pendalaman,” jelasnya.

Dikira Bom

Dijelaskannya, dari penyelidikan polisi diketahui pelaku memindahkan barang haram yang dibawanya dari mobil bak terbuka ke truk. Pelaku melempar barang tersebut dengan cara dilempar dari atas.

“Saat itu disinyalir sopir truk tidak tahu apa isi paket itu. Selanjutnya tersangka akan mengikuti truk itu. Ini merupakan modus baru,” jelasnya.

Baca juga: Terkuak! Napi di Sidoarjo Kendalikan Peredaran Sabu-Sabu Lintas Negara

Menurut Kapolda, sopir truk itu takut saat mengetahui ada barang yang tidak dikenal adalah bom. Kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (KPTE) Semarang. “Sopir truk itu membuka paketan yang terbungkus itu sendiri di hadapan anggota kami dan di dalamnya ada 8 bungkusan. Setelah kami periksa laboratorium, diketahui isi bungkusan tersebut adalah narkoba jenis sabu-sabu,” lanjutnya.

Irjen Ahmad Luthfi mengatakan pemeriksaan tidak berhenti di situ. Polisi melakukan investigasi dengan menumpang kapal yang ditumpangi pelaku. “Hal ini untuk memastikan manifes penumpang dan mengetahui siapa tersangkanya,” tutur dia.

Kapolda menuturkan setelah polisi sampai Kalimantan, baru didapat bahwa pelaku sembunyi di kos wilayah Demak dan ditangkap pada Kamis (9/12/2021) pukul 20.30. WIB.

Pelaku diketahui seorang residivis baru saja bebas dari masa hukuman di Sampit dan mendapat pesanan mengantar sabu itu. “Hasil koordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Jateng jaringan tersebut masih dalam negeri lintas pulau. Masih kami dalami,” imbuhnya.

Ia mengatakan pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 115 ayat 2 lebih Subsider pasal 112 ayat 2 UU No.35/2009 tentang Narkotika. Pelaku terancam hukuman seumur hidup dan penjara paling lama 20 tahun.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Daftar Kecamatan Terpadat di Jateng, Wilayahmu Termasuk?

Berikut daftar lima kecamatan terpadat di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng, daerahmu termasuk?

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Kaya Akan Bangunan Bersejarah

Kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng rupanya memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Keraton Kasunanan Surakarta dan Benteng Vastenburg.

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Ada di Kota Ini

Berikut fakta kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng yang ternyata ada di bagian selatan Pulau Jawa.

Holywings di Semarang yang Tutup Ternyata Pernah 3 Kali Disegel

Holywings di Semarang yang saat ini ditutup imbas promo miras di Jakarta ternyata pernah disegel tiga kali oleh Satpol PP.

Satpol PP Kota Semarang Gelar Razia, 18 PSK Terjaring

Belasan PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP di empat lokasi di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022) malam.

Operasi Patuh Candi, Angka Kecelakaan di Klaten Tertinggi se-Jateng

Data Ditlantas Polda Jateng menyebutkan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten tertinggi se-Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022.

Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.

Tumpahan Minyak Cemari Sungai di Cilacap, Ini Kata Pertamina

Tumpahan minyak mentah milik Pertamina Cilacap tumpah dan mencemari Sungai Donan di Kabupaten Cilacap.

Beli Minyak Goreng Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Bakul Pasar Semarang

Pedagang atau bakul pasar di Kota Semarang menilai penerapan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk beli minyak goreng dinilai menyusahkan.

Anak Main Korek Api, Rumah Warga Godong Nyaris Terbakar

Rumah milik warga Godong, Kabupaten Grobogan nyaris terbakar gegara anak laki-lakinya bermain korek api di kamar, Selasa (28/6/2022).

12 Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Begini Nasib yang di Semarang

Gerai Holywings di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan juga ikut ditutup imbas promo miras yang dilakukan Holywings Jakarta.

Operasi Patuh di Jateng Berakhir, Ini Daerah Pelanggaran Tertinggi

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebut Kendal menjadi daerah dengan angka pelanggaran lalu lintas tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022.

Kreatif! Warga Semarang Lukis Bung Karno dengan Padi di Sawah

Petani Desa Bergas Lor, Kabupaten Semarang, membuat lukisan Bung Karno dengan media padi di area persawahan untuk menyambut Bulan Bung Karno.

Terima 5.000 Dosis Vaksin PMK, Disnakkan Grobogan: Masih Kurang

Terima 5.000 dosis vaksin PMK dinilai masih kurang banyak mengingat jumlah hewan ternak sapi dan kerbau di Grobogan mencapai 207.000 ekor.

Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Ciu Bekonang Sukoharjo dengan congyang asal Semarang dua minuman keras atau miras produk dalam negeri atau lokal yang memiliki sederet perbedaan.

Pesugihan Nyi Blorong di Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan kisah misteri tentang ritual pesugihan Nyi Blorong.