Terungkap, Airlangga Hartarto Pernah Covid-19
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Youtube.com- Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto ketahuan pernah mengidap Covid-19 tanpa publikasi. Kenyataan itu terungkap tatkala Menko Perekonomian Kabinet Presiden Joko Widodo itu melakukan donor darah plasma darah, Senin (18/1/2021).

Penyumbangan plasma darah itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang pernah positif Covid-19. Berbagai pertanyaan pun muncul apakah Airlangga pernah terkena virus corona. Padahal, sebelumnya tidak ada keterangan mengenai hal tersebut.

Bikin Video Tiktok Injak Rapor, 5 Siswa Terancam Drop Out

Juru Bicara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Alia Karenina mengonfirmasi bahwa Airlangga pernah terjangkit Covid-19. “Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif Covid-19 di tahun 2020 lalu. Dan saat itu, sudah diterapkan 3T [testing, tracing, dan treatment] secara optimal],” katanya melalui pesan instan kepada wartawan.

Alia menjelaskan bahwa sebagai sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan atas kesembuhannya dari Covid-19, maka Airlangga mendonorkan plasma konvalesen. Tujuannya membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lain.

Disiarkan Youtube

“Selain itu, beliau [Airlangga] juga berharap semakin banyak penyintas corona yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang,” jelasnya.

Sebelumnya, Airlangga tertangkap kamera tengah menjadi donor plasma pada acara yang disiarkan secara langsung di Youtube Kemenko PMK, Senin (18/1/2021). Airlangga tampil sebagai donor saat digelar acara Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencara dan lembaga terkait lainnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom