Tutup Iklan

Tertutup untuk Umum, Haul Habib Ali Tetap Didatangi Jemaah Luar Solo

Ratusan jemaah nekat mendatangi acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang digelar di Kota Solo, meski pun digelar secara tertutup dan terbatas untuk keluarga.

 Suasana gang di dekat Masjid Riyadh, Gurawan, Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (25/11/2021) siang. Ratusan jemaah nekat nekat mendatangi Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang digelar terbatas untuk keluarga. (Solopos.com/Mariyana Ricky P.D.)

SOLOPOS.COM - Suasana gang di dekat Masjid Riyadh, Gurawan, Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (25/11/2021) siang. Ratusan jemaah nekat nekat mendatangi Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang digelar terbatas untuk keluarga. (Solopos.com/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO — Acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Kota Solo memang digelar secara terbatas, hanya diperuntukan bagi kalangan keluarga. Kendati demikian, Haul Habib Ali yang digelar di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, itu tetap didatangi ratusan jemaah dari luar Kota Solo, Kamis (25/11/2021) siang.

Ratusan jemaah ini bahkan menggelar tikar di sekitaran Masjid Riyadh, jalur lambat Jalan Kapten Mulyadi, memanjang hingga simpang empat Baturono dan depan Masjid Assegaf. Padahal, mereka sudah diimbau untuk menyaksikan jalannya haul lewat siaran Youtube. Selain jemaah, kawasan itu juga ramai oleh pedagang kaki lima (PKL).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Arif Darmawan, mengatakan puncak Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi berlangsung Kamis siang hingga Jumat (26/11/2021) pagi. Sedianya, haul dilaksanakan tertutup untuk keluarga yang maksimal dihadiri 250 orang.

Baca juga: Haul Habib Ali Kembali Digelar, Polda Jateng Minta Jemaah Tak ke Solo

“Kami mendirikan posko di dekat lokasi haul untuk mengantisipasi kerumunan. Sebenarnya sudah kami komunikasikan kepada sekitar untuk tidak mendirikan tenda. Tapi, tenda tetap didirikan di depan Masjid Riyadh dan Masjid Assegaf, sudah kami minta bongkar,” kata dia, melalui sambungan telepon, Kamis.

Arif menyampaikan selama haul berlangsung tertutup, tidak ada penutupan Jl. Kapten Mulyadi maupun pengalihan arus. Parkir kendaraan undangan diperbolehkan sebidang di pinggir jalan, atau gang kecil sekitarnya. Petugas bersikap persuasif dengan meminta jemaah segera pulang dan membagikan masker bagi yang tidak memakai. “Kami sebenarnya sudah menempatkan personel di empat pintu masuk guna penyekatan. Saat mau masuk Solo, jemaah langsung dihalau untuk pulang. Kami juga berkomunikasi dengan Satpol PP daerah asal jemaah untuk mengantisipasi kedatangan mereka,” terang Arif.

Empat pintu masuk itu, meliputi Jurug, Faroka, Tugu Makutho, dan ringroad Mojosongo. Kedatangan jemaah sudah diprediksi sebelumnya. Tahun lalu, jemaah juga nekat datang meski Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo itu ditiadakan. Ia menyebut penyekatan berhasil menghalau beberapa bus jemaah untuk putar balik.

Baca juga: Digelar Terbatas, Ratusan Jamaah Nekat Hadiri Haul Habib Ali di Solo

Sebelumnya, ulama setempat, Habib Novel Alaydrus, sudah menyampaikan kepada masyarakat untuk mengikuti haul secara online di rumah masing-masing. Majelis Ar-Raudhah yang dia pimpin pun tidak menerima tamu seperti tahun-tahun sebelumnya. “Haul hanya untuk internal keluarga,” kata dia.

Salah seorang jemaah asal Sukoharjo, Pur, 47, mengaku tidak mengetahui jika Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi digelar tertutup untuk umum. “Saya mendapatkan informasi di media sosial kalau haul digelar, makanya langsung ke sini. Setiap tahun selalu menyempatkan untuk datang. Tahunya malah baru Kamis pagi. Enggak tahu kalau disuruh online lewat Youtube. Tahun kemarin saya tidak datang, karena ada imbauan sebelumnya,” tutupnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tertahan, Simpanan Anggota KSP SB Solo Ada yang Sampai Rp570 Juta Lho

Nilai uang simpanan para anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo yang masih tertahan hingga saat ini bervariasi dan ada yang mencapai Rp570 juta seorang.

Djaran Goyang-Magbul, Ini Merek Rokok Ilegal Dimusnahkan di Sukoharjo

Ribuan bungkus rokok ilegal hasil sitaan Kantor Bea dan Cukai Surakarta dalam ratusan kali operasi penegakan selama 2020-2021 dimusnahkan di Sukoharjo.

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.