Tertunda 3 Hari, MTs Negeri 3 Klaten Akhirnya Uji Coba PTM Mulai Kamis
Ilustrasi sekolah. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN -- Uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM MTs Negeri 3 Klaten akhirnya bisa digelar setelah tertunda selama tiga hari dari jadwal semula. Penundaan itu menyusul adanya satu guru yang terpapar virus corona jelang uji coba.

Uji coba PTM MTs Negeri 3 rencananya dimulai pada Kamis (8/4/2021). Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan sudah ada pengecekan oleh petugas kesehatan serta dilakukan pelacakan kontak erat.

“Sudah dicek dan hasilnya negatif untuk gurunya. Sehingga nanti bisa diikutkan PTM dengan catatan guru yang sebelumnya positif untuk sementara jangan mengajar dulu biar fokus untuk menstabilkan kondisinya dulu,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Bupati Klaten: Bukber Puasa di Rumah Saja Ya!

Mulyani mengatakan MTs Negeri 3 Klaten mulai menggelar uji coba PTM pada Kamis (8/4/2021) menyusul empat sekolah lainnya yang sudah lebih dulu menggelar uji coba PTM mulai Senin (5/4/2021).

Keempat sekolah lainnya yakni SMKN 3 Klaten, SMAN 3 Klaten, MAN 1 Klaten, dan SMPN 2 Klaten. Terkait evaluasi pelaksanaan uji coba PTM selama tiga hari terakhir, Mulyani mengklaim lancar sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Dari laporan Dinkes dan Disdik tidak ada kendala. Dari siswa cenderung lebih senang mengikuti PTM [ketimbang pembelajaran daring]. Ada kejenuhan karena juga sudah lama tidak bertemu teman dan mendapatkan pembelajaran dari guru secara langsung. Apalagi SMK itu kan ada praktik yang tentu sulit kalau disampaikan secara daring,”jelasnya.

Baca Juga: Alhamdulillah, 98 Keluarga di Plawikan Klaten Dapat BLT DD Jelang Ramadan

Pelacakan Kontak Erat

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Anif Solikhin, membenarkan MTs Negeri 3 Klaten yang berada di wilayah Kecamatan Prambanan mulai menggelar uji coba PTM, Kamis.

“Kemarin ditunda karena memang ada guru yang positif Covid-19 dan dari hasil pelacakan, guru-guru yang pernah kontak erat semuanya negatif Covid-19. Untuk guru yang bersangkutan [positif Covid-19] juga sudah tidak masuk kerja 14 hari sehingga insyaallah aman,” urainya.

Baca Juga: Ada Guru Terindikasi Positif Covid-19, Uji Coba PTM MTs Negeri 3 Klaten Ditunda

Terkait persiapan, Anif mengatakan jauh hari sebelumnya sudah ada persiapan menggelar uji coba PTM. Persiapan itu seperti menyediakan sarana dan prasarana seperti tempat cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir hingga mengatur tempat duduk siswa agar berjarak.

“Satu kelas hanya diisi 15 siswa. Setiap proses masuk dan keluar juga sudah diatur agar tidak berkerumun. Keberangkatan dan kepulangan itu diantar dan dijemput orang tua. Ketika pulang tidak boleh keluar dari ruangan sampai yang menjemput tiba di sekolah. Sudah disiapkan sejak lama,” katanya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom