SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Seorang warga Cirebon tertipu uang puluhan juta rupiah karena terperdaya dukun palsu pengganda uang.

Solopos.com, MAJALENGKA – Polisi berhasil mengamankan seorang pelaku yang mengaku bisa menggandakan uang melalui ritual dan persyaratan tertentu. Pelaku yakni Sutardi, 55, warga Blok Malongpong, Desa Sukadana, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini pelaku harus menjalani pemeriksaan di Mapolres setempat. Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto mengungkapkan peristiwa itu bermula saat pelaku menawarkan jasa untuk menyelesaikan permasalahan utang piutang kepada korban yakni Samsu warga Desa Sindangkasih, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon dengan cara menggandakan uang.

Kemudian, lanjutnya, karena bujuk rayu pelaku akhirnya korban menyanggupinya, setelah itu korban bersama dengan lima orang lainnya mendatangi rumah pelaku dan terjadi kesepakatan atau perjanjian untuk penggandaan uang tersebut.

“Lalu pelaku meminta uang kepada korban dengan alasan untuk membeli minyak sebagai persyaratan untuk penggandaan uang sebesar Rp67.200.000, dengan janji pelaku akan memberikan uang penggandaan tersebut,” paparnya seperti dilansir okezone.com, Sabtu (20/8/2016).

Namun demikian, ungkapnya, setelah ditunggu-tunggu pelaku tidak dapat menggandakan uang sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Akhirnya, korban melaporkannya kepada pihak kepolisian.

“Atas laporan itu kami pun langsung melakukan penyelidikan dan pelaku berhasil ditangkap di Desa Sukadana, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka” ungkapnya. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya satu buah peti kayu warna hitam, lima tangkai bunga mawar, satu buah cobek, satu bongkah kemenyan, satu buah piring, satu buah buku tamu, empat batang dupa dan satu ikat tumpukan uang.

“Berdasarkan pengakuan, pelaku pernah melakukan penipuan dengan modus serupa sebanyak tiga kali,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya