Tertinggal Lebih Dulu, Timnas Indonesia Menang Tipis Atas Curacao

Curacao yang berperingkat FIFA lebih tinggi daripada Indonesia sempat unggul lebih dulu.

 Pemain tengah Timnas Indonesia, Marc Klok, melakukan seleberasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Curacao pada pertandingan FIFA Match Day di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022). (Antara/Raisan Al Farisi)

SOLOPOS.COM - Pemain tengah Timnas Indonesia, Marc Klok, melakukan seleberasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Curacao pada pertandingan FIFA Match Day di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022). (Antara/Raisan Al Farisi)

Solopos.com, BANDUNG – Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil memenangi laga persahabatan pertama kontra Curacao dengan skor tipis 3-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022).

Tim tamu sempat memimpin lebih dulu berkat gol cepat Rangelo Janga, tapi Indonesia membalikkan keadaan melalui gol Marc Klok dan Fachruddin Aryanto sebelum Juniho Bacuna membuat babak pertama berakhir imbang 2-2. Dimas Drajad mencetak gol semata wayang di babak kedua untuk mengunci kemenangan tuan rumah.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Meski berstatus tim tamu, Curacao tampak ingin membuktikan statusnya sebagai negara urutan ke-84 peringkat FIFA dan sejak sepak mula mereka berusaha mendominasi penguasaan bola serta menekan Indonesia yang ada di peringkat ke-155.

Delapan menit pertandingan berjalan, Janga sukses membuka keunggulan untuk Curacao ketika dengan sigap memanfaatkan bola muntah yang membentur tiang gawang tuan rumah.

Indonesia berusaha keluar dari penguasaan permainan Curacao dan hasilnya pada menit ke-18 skuad Garuda sukses menyamakan kedudukan melalui gol Klok. Menerima umpan backheel dari Egy Maulana Vikri, Dimas cermat meneruskan bola kepada Klok yang berdiri tanpa kawalan dan tinggal melesakkannya ke gawang Curacao.

Baca Juga: Profil Paulo Gomes: Pelatih yang Ramai Dibicarakan akan Tangani Persis Solo

Gol itu seperti melecut momentum bagi Indonesia yang empat menit kemudian sukses berbalik merebut keunggulan 2-1 atas Curacao, ketika lemparan ke dalam Pratama Arhan disambut sundulan Fachruddin yang cukup untuk memperdaya kiper Tyrick Bodak.

Sayangnya keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit ke-23 Curacao melancarkan serangan balik cepat yang sukses membongkar pertahanan Elkan Baggott dkk dan diselesaikan Bacuna untuk membuat gawang tuan rumah bobol lagi.

Empat gol yang tercipta dalam kurun waktu 23 menit membuat pertandingan semakin terbuka dan Shin tampak berusaha memanfaatkan sisi sayap untuk menembus pertahanan negara Laut Karibia itu, tetapi hingga turun minum tidak ada gol tambahan dan skor imbang 2-2 bertahan.

Baca Juga: Manajemen Arema FC Tidak Sediakan Kuota Tiket untuk Bonek

Shin berusaha menambah tenaga segar Indonesia saat babak kedua dimulai dengan memasukkan Marselino Ferdinan dan Saddil Ramdani untuk menggantikan Ricky Kambuaya dan Egy.

Hal itu tampaknya cukup mujarab, sebab pada menit ke-63 Indonesia sukses merestorasi keunggulan mereka lewat gol Dimas, yang memanfaatkan umpan matang buah kerja sama apik antara Klok dan Arhan.

Indonesia sempat memperoleh kesempatan bagus ketika Marselino dilanggar Aryton Statie tak jauh dari kotak penalti, sayang eksekusi tendangan bebas Saddil belum membuahkan gol.

Baca Juga: Wow! Marc Marquez Akhiri Penantian 1.071 Hari di MotoGP Jepang

Sisa waktu pertandingan berlalu tanpa ada peluang berarti dan Indonesia sukses mempertahankan keunggulan 3-2 atas Curacao hingga peluit tanda laga bubaran berbunyi.

Kemenangan tersebut jelas menjadi modal positif bagi para pemain Indonesia untuk menambah kepercayaan diri sebelum menghadapi Curacao lagi dalam laga persahabatan internasional selanjutnya di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022).

Susunan Pemain:

TIMNAS INDONESIA (3-4-3)
Nadeo Arga Winata; Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad, Witan Sulaeman

TIMNAS CURACAO (4-3-3)
Tyrick Bodak; Dylan Timber, Justin Ogenia, Cuco Martina, Shanon Carmelia; Juninho Bacuna, Leandro Bacuna, Michael Maria; Jeremy Antonisse, Kenji Gorre, Rangelo Janga

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Korsel Dihajar Brasil 1-4, Wakil Asia Habis

      Wakil Asia tak tersisa di Piala Dunia 2022 setelah Korsel disingkirkan Brasil 1-4 pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974 Doha.

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Kroasia Singkirkan Jepang Lewat Adu Penalti

      Ambisi Jepang menembus perempat final Piala Dunia 2022 belum terwujud setelah dikalahkan Kroasia lewat adu penalti 2-4 pada babak 16 besar di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Extra Time Tetap 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut ke Adu Penalti

      Laga Jepang melawan Kroasia harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor sama kuat 1-1 pada waktu normal hingga tambahan waktu atau extra time babak  16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Hasil Undian BWF World Tour Finals 2022: Jojo dan Ginting Bentrok di Grup B

      Undian BWF World Tour Finals 2022 telah dilakukan, hasil lengkapnya bisa disimak dalam ulasan di bawah ini.

      Ivan Perisic Samakan Kedudukan 1-1, Jepang vs Kroasia ke Babak Tambahan Waktu

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Prediksi Skor Brasil Vs Korea Selatan di Piala Dunia: Ada Pembantaian

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Brasil dan Korea Selatan.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Brasil Vs Korea Selatan, Harapan Asia!

      Korea Selatan berupaya mencetak keajaiban lagi saat mereka menghadapi Brasil di 16 besar Piala Dunia 2022 yang ditayangkan secara langsung diSCTV dan live streaming.

      Kejutan Lagi! Jepang Sikat Kroasia 1-0 di Babak Pertama

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Jokowi: Kejuaraan Dunia Wushu Junior Pererat Persaudaraan Antarbangsa

      Indonesia selaku tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior menurunkan 23 atlet terbaik yang terdiriatas 12 atlet untuk nomor taolu dan 11 atlet sanda.

      Preview Persis Solo Vs RANS Nusantara, Begini Komentar Coach Leonardo Medina

      Leonardo Medina menegaskan dirinya sama sekali tak grogi menjelang laga Persis Solo Vs RANS Nusantara pada lanjutan kompetisi Liga 1 kali ini.

      Ini Susunan Pemain Jepang vs Kroasia: Ritsu Doan Starter

      Jepang menurunkan Ritsu Doan sebagai starter untuk menghadapi Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Kondisi Menjelang BWF World Tour Finals 2022, Nimibutr Arena Bangkok Berangin

      Wakil Indonesia menjalani sesi latihan perdana di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand sebagai adaptasi sebelum terjun bertarung di BWF World Tour Finals 2022.

      Persis Solo Vs RANS Nusantara di Liga 1: Tantangan Pertama Leonardo Medina

      Persis Solo Vs RANS Nusantara dalam Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi laga kompetif pertama bagi pelatih Leonardo Medina.

      Skenario 16 Besar Brasil vs Korsel: Ancaman Taeguk Warriors

      Gaya permainan Korsel bisa memberikan ancaman bagi Brasil yang agak pincang karena beberapa pemain cedera pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974 Doha.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Malam Ini: Jepang Vs Kroasia, Pantang Menyerah!

      Pertandingan Jepang Vs Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini berpeluang berjalan sengit sepanjang 2x45 menit babak reguler.