SOLOPOS.COM - ilustrasi razia (JIBI/Solopos/dok)

Tertib lalu lintas di Cilacap salah satu cara sosialisasinya adalah dengan pemberian penghargaan kepada warga yang mematuhinya.

Kanalsemarang.com, CILACAP-Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, memberikan hadian kepada pengguna jalan tertib berlalu lintas khususnya pengendara sepeda motor yang memboncengkan anaknya dan mereka mengenakan helm.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemberian hadiah berupa makanan kecil dan alat tulis tersebut dilakukan saat Satlantas Polres Cilacap menggelar Operasi Zebra Candi 2015 di perempatan Terminal Bus Cilacap, Senin (26/10/2015).

Sementara bagi pengendara sepeda motor yang tidak memakaikan helm pada anaknya, petugas Satlantas Polres Cilacap memberikan teguran kepada mereka.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai cara untuk memotivasi kepada masyarakat pengguna jalan terutama orang tua yang mengantarkan anak berangkat ke sekolah untuk memakaikan helm kepada anaknya yang membonceng,” kata Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya didampingi Kepala Satlantas Polres Cilacap Ajun Komisaris Polisi M. Taat Resdianto.

Dengan demikian, kata dia, hal itu menjadi kebiasaan baik di masyarakat terutama budaya tertib berlalu lintas berupa pemakaian helm kepada anak-anak untuk keselamatan di jalan.

Lebih lanjut, dia mengatakan dalam rangka menekan angka kecelakaan yang sebagian korbannya merupakan anak-anak sekolah, Satlantas Polres Cilacap juga melakukan kegiatan preventif.

“Kami memberikan imbauan berupa pembinaan terhadap anak-anak dari sekolah ke sekolah melalui program Police Go To School sebagai upaya untuk menanamkan budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat sejak usia dini,” katanya.

Sebagai upaya represif atau penindakan, kata dia, pihaknya melakukan kegiatan razia dengan menindak tegas pelanggar lalu lintas berupa penilangan untuk menimbulkan efek jera sehingga tidak mengulangi lagi.

Kapolres mengharapkan masyarakat pengguna jalan untuk bisa disiplin dalam berlalu lintas dengan mengecek dan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor sebelum berangkat beraktivitas.

“Kami tidak bangga melakukan penilangan kepada banyak pelanggar tetapi kami lebih bangga jika masyarakat Cilacap menjadi pelopor dalam mengurangi pelanggaran. Semoga dengan pemberian reward ini, kesadaran masyarakat mulai tergugah untuk menjadi generasi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas menuju Indonesia Tertib, Bersatu, dan Keselamatan Nomor Satu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya