Tertarik Pijat Kretek, UTP Surakarta Buka Layanan Smart Massage

Saat ini Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta membuka layanan pijat kretek untuk masyarakat.  

 
Saat ini Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta membuka layanan pijat kretek untuk masyarakat.  (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Saat ini Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta membuka layanan pijat kretek untuk masyarakat.  (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pernah mendengar atau bahkan tertarik mencoba pijat kretek atau chiropractic? Saat ini Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta membuka layanan pijat kretek untuk masyarakat.

UTP Surakata yang dikenal oleh masyarakat dalam bidang keolahragaannya, kali ini menciptakan produk usaha yang berupa jasa yang tak jauh dari bidang olahraga, yaitu smart massage. Smart Massage UTP Care, baru bediri sekitar satu bulan yang lalu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Smart Massage UTP Care dipimpin oleh salah satu pengajar atau akademisi massage UTP, Wisnu Mahardika, yang sudah berpengalaman di bidang massage lebih dari 15 tahun. Menurut Wisnu, sejauh ini sudah ada 100 pasien datang yang datang untuk mendapatkan layanan pijat tersebut.

“Dalam satu bulan ini sudah dapat 100 pasien. Strategi yang kami gunakan di minggu petama adalah dengan membuka layanan pijat gratis,” kata dia dalam rilis, Rabu (28/9/2022).

Layanan gratis tersebut diikuti oleh kalangan dosen dan tenaga pendidik UTP, Polisi, kalangan guru atau ASN dan TNI serta satpam di wilayah Solo. Bahkan pada hari kelima layanan gratis itu juga menyasar anak di bawah 10 tahun.

Baca Juga: Menkumham Ingatkan Pelaku Usaha Bahaya Menunda Pendaftaran Merek, Ini Katanya

Wisnu juga menceritakan bagaimana awal mula tercetusnya ide layanan Smart Massage UTP Care itu. Setahun sebelumnya, dia mengaku sudah sempat mencoba membuka pijat kebugaran di UTP. Namun usaha tersebut tidak berjalan mulus.

Akhirnya dengan dibantu pimpinan fakultas, seperti Dekan FKIP dan Kaprodi PKO, kemudian dilakukan perombakan manajamen lama menjadi manajemen baru. kemudian mengangkat produk unggulan pijat kretek pertama di Solo.

“Kebetulan saya selaku pengelola dibantu Pak Kodrad [Wakil Dekan FKIP] dan Pak Pipit [Kaprodi PKO]  memberanikan diri membuka brand pijat kretek pertama di Solo. Saya rasa pijat kretek Itu sudah tidak asing lagi di telinga kita dan sudah banyak [dikembangkan]. Tapi menariknya orang yang lewat sini kadang berhenti lalu mampir karena tau pijat kretek itu,” tutur Wisnu.

Smart Masage UTP Care, yang awalnya hanya memiliki tiga terapis, kini sudah bertambah menjadi 13 orang terapis. Semuanya adalah mahasiswa dan bersertifikasi nasional. Hal ini juga didukung dengan banyaknya minat mahasiswa khususnya Prodi PKO yang mengikuti pelatihan massage dan mengambil mata kuliah massage.

Baca Juga: Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

“Jadi mengapa pegawai kami semua mahasiswa, karena yang menginisiasi pertama kali adalah Rektor sebelumnya, Prof. Tresna. Beliau menyampaikan klinik ini yang mengelola harus mahasiswa dan mengenyam perkuliahan massage 4 sks atau minimal 2 semester,” jelas dia.

Jadi mahasiswa yang menjadi terapis adalah mahasiswa yang telah belajar satu tahun mendalami ilmu massage. “Kami persiapkan untuk menjadi terapis yang bukan kaleng-kaleng, mereka sudah bersertifikat dan sertifikatnya diakui secara nasional,” tambah Wisnu.

Dengan mengangkat produk unggulan pijat kretek, Wisnu ingin mengedukasi masyarakat bahwa pijat kretek itu bukan pijat yang sembarangan. Pijat kretek merupakan layanan pijak yang menggabungkan dua teknik yaitu Chiropractic (teknik mengembalikan tulang belakang) dan Akupersure.

Selain itu, menurutnya, pijat kretek yang ada di Smart Masssage UTP Care dijamin aman karena sudah sesuai dengan SOP atau prosedur yang harus dijalankan.

Baca Juga: Hadapi Situasi Global, Reasuradur Didorong Ikut Jaga Ketahanan Ekonomi Nasional

Untuk lebih mengenalkan layanan pijak yang dikembangkan UTP tersebut, pihaknya juga beberapa kali melakukan promosi dan pengenalan pijat kretek di Car Free Day (CFD) Solo. Dia mengatakan dari kegiatan itu terlihat minat dan antusias masyarakat yang cukup tinggi pada pijat kretek.

“Di sana [CFD] kami mendapatkan pasien sebanyak 27 orang dalam waktu 90 menit. Testimoninya semua terpuaskan,” kata dia.

Wisnu berharap dengan mengangkat brand pijat kretek dan strategi promosi yang sudah dijalankan, masyarakat di Kota Solo mengetahui jika UTP memiliki Smart Massage UTP Care yang menjadi produk unggulan.

Dengan tagline datang sakit pulang sembuh, Smart Massage UTP Care, menangani keluhan tulang belakang atau cidera dengan teknik pijat.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Siaga Nataru, PLN Turunkan 5.574 Personel Pastikan Keandalan Listrik Jateng-DIY

      PLN menggelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru untuk mengamankan keandalan pasokan listrik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di halaman kantor PLN UP3 Yogyakarta pada Senin (5/12/2022).

      Izin WanaArtha Dicabut OJK, Transaksi Gelap Asuransi Naik 284,8 Persen

      Hingga Oktober 2022, jumlah transaksi mencurigakan asuransi mencapai angka 2.155 kasus. Jumlah ini naik 284,8 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2021 yang hanya 560 kasus. 

      Cara Praktis Mengambil Uang di Mesin ATM Tanpa Menggunakan Kartu

      Kini nasabah bank tak perlu bingung jika pada saat mengharuskan untuk tarik tunai namun tidak membawa kartu debit dan hanya membawa handphone.

      Formasi Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Cari Tahu Yuk!

      Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2022 batch 2. Lantas apa saja formasinya?

      Transisi Energi, Erick Thohir Beberkan Alasan Indonesia Tak Tiru Negara Lain

      Erick Thohir menyebutkan cetak biru penghentian dini PLTU berkapasitas total 15 Giga Watt (GW) terus dilakukan secara bertahap.

      Laba BUMN Tembus Rp155 Triliun Kuartal III/2022, Lampaui Setahun 2021

      Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan laba bersih konsolidasi BUMN per kuartal III/2022 telah melampaui kinerja setahun penuh pada 2021.

      Gelombang PHK Berlanjut! OYO Hotels Kurangi 600 Karyawan

      Startup OYO Hotels mengumumkan akan memangkas 600 karyawan di departemen korporat dan teknologinya, atau sekitar seperenam dari total tenaga kerjanya.

      PLN Teken MoU dengan Kawasan Industri Sayung & Pabrik Gas, Salurkan 50,2 MVA

      PLN siap menyalurkan 50,2 MVA untuk mendukung pertumbuhan industri di Jawa Tengah dan DIY.

      Uji Coba Aplikasi Pembayaran Tol Nirsentuh Dimulai Bulan Ini

      Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menguji coba pembayaran tol nirsentuh melalui aplikasi multi lane free flow (MLFF) pada bulan ini.

      10 Cara Cari Uang hanya Modal HP

      Sekarang, hanya bermodal HP kita bisa menghasilkan uang.

      Apindo: Pemerintah Tidur Saja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

      Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 akan berada di atas 5 persen bahkan bisa mencapai 5,65 persen apabila terdapat kerja keras dalam menggerakkan mesin-mesin perekonomian.

      PT SHA Solo Selalu Memastikan Program CSR Tepat Sasaran

      PT SHA Solo memiliki strategi khusus dalam menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) agar lebih tepat sasaran.

      Perjalanan PT SHA Solo 7 Tahun Mengabdi untuk Masyarakat

      PT SHA Solo terus berupaya untuk senantiasa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan melakukan berbagai program sosial.

      Unik! Favehotel Solo Sulap Daun Jati Jadi Pohon Natal

      Pembuatan pohon Natal di Favehotel Solo dimulai dari pemilihan daun jati yang berkualitas yang diambil dari petani di area Wonogiri.

      Truck Campaign Mitsubishi Fuso Jadi Ajang Temu Kangen dan Sosialisasi Euro 4

      Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Truck Campaign Mitsubishi Fuso kembali digelar, Jumat (2/12/2022).