Kategori: Tips

Tertarik Meletakkan Kaca Besar Di Rumah? Simak Cara Peletakannya


Solopos.com/Nana Krisdianti

Solopos.com, SOLO – Cermin merupakan salah satu aspek keajaiban estetika visual yang kadang terabaikan. Dengan peletakan cermin yang benar dan tepat, kita dapat memperoleh perubahan suasana dari ruangan kita sebelumnya.

Salah satu yang dapat digunakan untuk mengubah suasana ruangan secara instan adalah dengan menempatkan cermin besar untuk menciptakan ilusi ruangan. Ia dapat membuat ilusi seolah-olah ruangan yang mulanya sempit menjadi terlihat 2 kali lebih luas.

Dalam hal pencahayaan, cermin juga berfungsi sebagai pemantul cahaya, sehingga ruangan yang sebelumnya gelap akan terlihat lebih terang. Terlebih oleh cahaya alami dan lebih hidup.

Baca Juga: Ingin Rehab Properti? Simak Cara Berikut

Jika ingin cermin tersebut menjadi fokus di suatu ruangan, maka pakailah cermin yang mempunyai bingkai. Jangan lupakan fungsi utama cermin sebagai sarana memeriksa diri. Oleh karena itu, sebaiknya pakai cermin yang dapat menjangkau diri secara penuh.

Berikut beberapa cara dari dealthehome.com terkait cara peletakan berbagai cermin di rumah:

1.Cermin berdiri penuh untuk kamar tidur
Cermin panjang yang berdiri di rumah bahkan menjadi hal yang bisa dilepaskan dari interior kamar. Peletakan cermin yang bersandar pada dinding umumnya berfungsi untuk menciptakan tambahan estetika ruangan juga sebagai tempat untuk melihat diri dan penampilan.
Jika ingin terlihat mewah, gunakan bingkai neoklasik. Sedang jika ingin terlihat minimalis dan bersih gunakan bingkai hitam atau warna gelap yang ramping dan sederhana.

Keseimbangan Cahaya

2.Cermin dinding berbingkai besar untuk ruang makan
Seperti halnya penempatan kaca di kamar, cermin berbingkai juga diperlukan untuk kaca yang ditempatkan di ruang makan. Menurut dealthehome.com, semakin besar cermin yang diletakkan di ruang makan, maka semakin baik pula efek yang dihasilkan mengingat ruang makan sering digunakan.

3.Cermin LED untuk kamar mandi
Pemasangan LED pada cermin kamar mandi mampu memberikan keseimbangan cahaya yang tersebar di kamar mandi. Terlebih penggunaan lampu putih, lebih baik dalam hal visibilitas atau memudahkan penghuni untuk melihat atau mengamati. Gunakan cermin tanpa bingkai yang ditempatkan di kamar mandi untuk menimbulkan kesan sederhana namun elegan.

Baca Juga: Produk Lokal Diharapkan Jadi Prioritas Bahan Bangunan Properti Tanah Air

4.Cermin dinding panjang penuh di pintu masuk
Peletakan cermin di sebelah pintu masuk merupakan hal penting juga untuk dilakukan. Interior modern umumnya juga menggunakan, serta menggabungkan sejumlah ornamen kaca, sehingga akan tampak lebih menarik jika perpaduannya dirancang sejak memasuki ruangan. Salah satunya dengan peletakan kaca di dekat pintu masuk.

5.Cermin lebar penuh di lorong atau gym rumah
Jika di rumah terdapat ruang olahraga atau gym, cermin lebar sangat ideal ditempatkan untuk menimbulkan kesan luas pada ruangan tersebut. Hal ini dilakukan untuk membuat ilusi dan mengusir perasaan sesak dan jauh dari udara. Sebaiknya pasang cermin yang membentang di sepanjang dinding tanpa perlu menggunakan bingkai.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma