SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pegawai di Terminal Tirtonadi Solo yang tertangkap kamera tengah melakukan pungutan liar atau pungli dan menjadi viral di Tiktok dipastikan dipecat.

Hal itu ditegaskan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng dan Jogja, Eko Agus Susanto, Rabu (29/6/2022). Eko menjelaskan pegawai berinisial BP itu berstatus pegawai pemerintah nonpegawai negeri atau PPNPN, bukan pegawai kontrak.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ia mengatakan sudah mendapat laporan dari Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, ihwal pegawai yang ketahuan pungli itu. “Pak Joko sudah membuat laporan, dari tim pembinaan pegawai melakukan pemanggilan BP karena itu PPNPN. Kan ada guidence yang mengawal dia. Jadi ada aturan mainnya menjadi pegawai harus begini, begini,” terangnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Eko menerangkan pelanggaran berupa pungli yang dilakukan pegawai Terminal Tirtonadi Solo berinisial BP itu sudah termasuk kategori berat dan tim merekomendasikan pemutusan kontrak. “Dari tim memang harus dikeluarkan, surat sudah di meja saya,” urainya.

Eko menyatakan segera membuatkan surat keputusan atau SK pemberhentian BP, sesuai aturan Dirjen Perhubungan Darat tentang PPNPN. “Masuk kategori pelanggaran berat dan sanksi pemutusan kontrak,” katanya.

Baca Juga: Malunya Gibran, Pegawai Tirtonadi Solo Tertangkap Kamera Lakukan Pungli

Diberitakan sebelumnya, seorang pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo berinisial BP diduga melakukan pungutan liar saat bertugas. Aksi melanggar aturan itu tertangkap kamera dan diunggah di aplikasi Tiktok @ingatnafasitu.

Unggahan itu langsung viral dan mendapat banyak sekali respons dari warganet. Di video itu terlihat sosok BP yang mengenakan seragam tugas sedang berinteraksi dengan seseorang. BP berbicara sambil memegang berkas-berkas.

Sejurus kemudian ia tampak menerima sesuatu yang diberikan lawan bicaranya di bawah berkas yang dipegangnya. Dilihat dari latar belakang tempat terjadinya insiden itu, diduga BP melakukan aksinya di kawasan Terminal Tirtonadi Solo.

Baca Juga: Terminal Tirtonadi Solo Kini Megah Dan Ramai, Ini Sosok Di Baliknya

Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, saat dihubungi melalui telepon mengaku sudah mengetahui rekaman video pegawai yang diduga melakukan pungli tersebut dan mengambil tindakan sepadan. “Sudah kami assesment, sudah kami klarifikasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya