SOLOPOS.COM - Foto Pantai Parangtritis JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Pantai Parangtritis
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

BANTUL-Rengga Rizkianto Putra, wisatawan berasal dari Nambangan Kidul, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang menjadi korban tenggelam di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak Selasa (23/4) siang telah ditemukan pada Kamis (25/4) dini hari.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Komandan Tim SAR Pantai Parangtritis, Bantul Ali Sutanto di Bantul, Kamis, mengatakan korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di perairan Pantai Pandansari atau berjarak sekitar lima hingga enam kilometer sebelah barat dari lokasi tenggelamnya korban (300 meter dari Pokso SAR).

Ekspedisi Mudik 2024

“Jenazah pertama kali ditemukan teman-teman SAR Pantai Samas yang sedang patroli sekitar pukul 24.00 WIB, yang melihat benda terapung di laut, dan setelah didekati ternyata merupakan korban sesuai ciri-ciri yang tenggelam di Pantai Parangtritis, Selasa (23/4) lalu,” katanya.

Ia mengatakan anggota SAR Pantai Samas kemudian melaporkan temuan jenazah itu, dan pada Kamis dini hari sekitar pukul 01.00 WIB pihaknya menuju ke lokasi ditemukan jenazah untuk mengevakuasi ke pantai.

“Setelah dibawa ke Posko SAR, jenazah langsung dimandikan malam itu, dan sekitar pukul 06.00 WIB jenazah kami serahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa pulang ke Madiun Jawa Timur, kebetulan saat itu ada eyang korban,” katanya.

Mengenai kondisi jenazah, kata dia, saat ditemukan dalam kondisi tidak utuh karena bagian perut hingga ke bawah dan sebagian tubuhnya ada bekas gigitan ikan hiu.

“Melihat kondisi jenazah itu kami pastikan karena gigitan ikan hiu, kejadian ini [jenazah digigit hiu] yang pertama kali terjadi selama saya menjadi SAR,” katanya.

Dua wisatawan terseret ombak Pantai Parangtritis pada Selasa (23/4) sekitar pukul 11.45 WIB, satu korban berhasil selamat, namun seorang lainnya tidak bisa diselamatkan.

Teman korban yang berhasil selamat, yakni Lukas Abim, pelajar SMP 15 Jogja yang juga warga Balerejo, Umbulharjo, yang tinggal dekat dengan indekos Rengga, pelajar kelas III SMK Perkebunan Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya