SOLOPOS.COM - Foto Pantai Parangtritis JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Pantai Parangtritis
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

BANTUL-Rengga Riskianto Saputra, 18, korban tenggelam di Pantai Parangtritis Selasa (23/4) hingga Rabu (24/4) belum ditemukan. Petugas SAR kesulitan melakukan pencarian lantaran cuaca tak bersahabat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komandan SAR Pantai Parangtritis Bantul Ali Sutanto mengatakan, korban belum diketemukan kendati pihaknya telah mengerahkan seluruh personil untuk mencari di sekitar pantai. Pencarian sementara hanya dilakukan dengan jaring.

Pencarian menggunakan perahu belum memungkinkan lantaran ketinggian ombak mencapai hingga empat meter. Kondisi itu menurutnya menyulitkan pencarian oleh petugas.

“Nggak hanya ombak yang tinggi, angin juga kencang. Kalau ombaknya tinggi perahu tak bisa dikerahkan,” terang Ali Sutanto.

Tim SAR kini mengerahkan sebanyak dua regu pencari berjumlah 35 orang untuk mencari korban yang merupakan pelajar Kelas III SMK Perkebunan Jogja itu. Belajar dari pengalaman sebelumnya, korban tenggelam yang kebanyakan tak selamat menurut Ali biasanya akan terapung dengan sendirinya dalam waktu minimal 1×24 jam dan maksimal selama tiga hari.

Sementara hingga Rabu siang kemarin kendati telah lebih dari 24 jam korban juga belum kelihatan. Ali juga memastikan korban tenggelam berhak mendapat asuransi kecelakaan.

Adapun sejak tersebar kabar tenggelamnya korban, sejumlah teman hingga keluarga telah berdatangan ke Parangtritis.

“Teman-teman satu kelasnya sudah ke sini juga gurunya,” ujarnya. Sementara dari pihak keluarga diantaranya kakek korban yang telah datang, melakukan ritual tabur bunga alias nyekar di Pantai Parangtritis sebagai pengharapan agar korban ditemukan. Sedangkan ibu korban sendiri hingga Rabu sore masih dalam perjalanan dari Banyuwangi menuju Jogja.

Diberitakan sebelumnya dua wisatawan terseret ombak Pantai Parangtritis Bantul Selasa (23/4). Satu korban selamat namun satu orang korban lainnya hingga kini hilang ditelan ombak.

Kejadian nahas itu menimpa Rengga Riskianto Saputra, 18 warga asal Nambangan Kidul, Mangunharjo, Madiun Jawa Timur yang tinggal indekost di daerah Balerejo, Umbulharjo Jogja.

Serta Lukas Abim, 15 warga Balerejo, Umbulharjo yang bertetangga dengan Rengga. Keduanya tenggelam saat tengah berenang di Pantai Parangtirtis sekitar pukul 11.45 WIB.

Beruntung, Lukas Abim selamat setelah didorong ombak kembali ke bibir pantai saat tengah terseret arus. Sementara rekanya Rengga tak sempat diselamatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya