Tersangkut Kasus Perdagangan Manusia, 50 Polisi Thailand Dihukum

Tersangkut Kasus Perdagangan Manusia, 50 Polisi Thailand Dihukum

SOLOPOS.COM - Tim penyelamat memeriksa sebuah kuburan massal di sebuah perkebunan karet di dekat sebuah gunung di provinsi Songkhla Thailand selatan, Kamis (6/5/2015). (Reuters)

Polisi Thailand dihukum lantaran tersangkut kasus perdagangan manusia.

Solopos.com, BANGKOK – Lebih dari 50 polisi Thailand dihukum atas tuduhan terkait jaringan pedagangan manusia. Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Thailand, Jenderal Somyot Poompanmuang, Kamis (7/5/2015).

Sebelumnya Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, memerintahkan penyelidikan menyusul temuan kamp perdagangan manusia di hutan terpencil Provinsi Songkhla pekan lalu.

Sebanyak 31 mayat yang diyakini jasad imigran asal Myanmar dan Bangladesh terkubur dekat kamp di wilayah dekat perbatasan Malaysia tersebut.

“Kami telah memindahkan lebih dari 50 polisi atas kasus ini karena para komandan lokal mengetahui siapa saja yang terlibat,” kata Somyot seperti dikutip Reuters.

Polisi Thailand pun menahan empat warga dan seorang asal Myanmar atas kasus itu. Selain penyelidikan, Perdana Menteri Thailand juga memerintahkan pemusnahan tempat-tempat yang diduga menjadi kamp perdagangan manusia di seluruh negeri dalam sepuluh hari.

Sejumlah pejabat mengatakan perdagangan manusia dibiarkan berkembang dalam beberapa tahun di tengah ketidakpedulian dan kadang melibatkan pihak berwenang. Sunai Phasuk dari organisasi hak asasi manusia, Human Rights Watch, menyerukan penyelidikan perdagangan manusia  juga menyasar personel militer.

“Kami melihat para politikus dan polisi lokal tengah diinvestigasi tapi bagaimana dengan personel militer? Bagaimana pula dengan pejabat dari Departeman Kehutanan yang telah lama diduga kuat membantu pedagang manusia?

Seperti dikabarkan, Kepolisian Thailand  kembali menemukan sebuah tempat yang diduga menjadi kamp perdagangan manusia, di hutan Provinsi Songkla, Senin (4/5/2015) malam. Tempat itu hanya berjarak satu kilometer dari lokasi penemuan  26 mayat di kuburan massal dan kamp pertama pekan kemarin. Selanjutnya, enam mayat ditemukan tak jauh dri lokasi itu.

Banyak imigran gelap asal dari etnis Rohingya di  Myanmar dan Bangladesh menempuh perjalanan berbahaya melalui darat dan laut untuk menghindari konflik berbau agama dan etnis. Sebagian dari mereka menuju Thailand dan Malaysia untuk mencari pekerjaan. Mereka kerap menjadi korban perdagangan manusia dan penculikan, dibawa ke hutan dimana pedagang meminta tebusan untuk pembebasan mereka atau menyelundupkannya melintasi perbatasan menuju Malaysia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

Ini Kriteria Botol Air Minum Kemasan yang Aman dan Sehat

Sebagai pembeli kita harus jeli memperhatikan kualitas botol air minum kemasan.

Zona Merah dan Oranye Dilarang Gelar Salat Id Berjemaah, Ini 12 Daerah Zona Merah di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan setiap kegiatan ibadah seperti salat tarawih, salat id, zakat, khutbah, dan iktikaf dilarang digelar di zona merah dan zona oranye.

Seorang TKW asal Bantul Meninggal di Taiwan, Disnakertrans Upayakan Pemulangan Jenazah

Disnakertrans Bantul berupaya memulangkan jenazah TKW yang meninggal di Taiwan.

2 Anak Terpapar Covid-19, Kasus Klaster Tarawih di Sambirejo Sragen Bertambah Menjadi 23 Orang

Dua orang anak di lingkungan klaster tarawih Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Walah, 3 Perusahaan Di Klaten Ketahuan Bayar THR Berdasar Gaji Tahun Lalu

Tiga perusahaan di Klaten disurati Disperinaker lantaran membayar tunjangan hari raya atau THR karyawannya berdasarkan UMK tahun lalu.