Tutup Iklan

Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Tanah Bulog di Grobogan Ditahan

Kejari Grobogan menahan K, tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah Perum Bulog, di Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.

 Tersangka kasus korupsi pengadaan tanah Perum Bulog di Grobogan, K, 78, (kanan) warga Kelurahan Danyang, Purwodadi di Kejaksaan Negeri Grobogan, sebelum ditahan Selasa (26/10/2021). (Istimewa-Kejari Grobogan)

SOLOPOS.COM - Tersangka kasus korupsi pengadaan tanah Perum Bulog di Grobogan, K, 78, (kanan) warga Kelurahan Danyang, Purwodadi di Kejaksaan Negeri Grobogan, sebelum ditahan Selasa (26/10/2021). (Istimewa-Kejari Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI — Kejaksaan Negeri (Kejari) Grobogan akhirnya menahan K, 78, tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah Perum Bulog di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.

“Penyidikan kasus dugaan korupsi dengan tersangka K, 78, sudah selesai dan berkas perkara telah dinyatakan lengkap oleh penuntut umum. Sehingga dilakukan penyerahan barang bukti dan tersangka. Saat ini tersangka K kita titipkan di tahanan Mapolres Grobogan ,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Grobogan, Iqbal melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Iwan Nuzuardhi didampingi Kasi Intel, Frengki Wibowo, di Kantor Kejari Grobogan, Rabu (27/10/2021).

Penahanan lanjut Kasi Pidsus, dilakukan selama 20 hari ke depan sejak tanggal 26 Oktober 2021. Nantinya persidangan akan digelar Pengadilan Tipikor Semarang. Sebelumnya selama proses penyidikan tersangka K, warga Kelurahan Danyang, Kecamatan Purwodadi ini tidak ditahan.

“Iya sebelumnya tidak ditahan. Namun karena ada pertimbangan tersangka dikhawatirkan akan mempengaruhi para saksi dan menghilangkan barang bukti maka kita tahan sejak Selasa 26 Oktober,” jelas Kasi Pidsus.

Baca juga: Ini Target Waktu Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo Seksi 1

Terungkapnya kasus makelar pengadaan tanah Perum Bulog di Grobogan dengan cara penggelembungan harga, lanjutnya, berdasar temuan dan laporan masyarakat.

Kasus ini berawal ketika pada tahun 2018 Perum Bulog membeli tanah di Desa Mayahan, Tawangharjo seluas 60.282 meter persegi dengan harga Rp26.380.899.990. Rencananya untuk pembangunan modern rice milling plant (MPMP), Corn Drying Centre (CDC) dan Gudang Kedelai.

Perum Bulong telah mentransferkan dana pengadaan tanah di Desa Mayahan melalui rekening Divre Jawa Tengah. Kemudian ke Sub Divre Semarang baru disalurkan ke masing-masing rekening warga pemilik tanah. Setelah dipotong pajak nilainya Rp25.127.523.800.

Baca juga: Penyelidikan Korupsi Tanah Bulog di Grobogan Tuntas, Ini Hasilnya

Dari jumlah tersebut, tambahnya, ternyata telah dilakukan pemindahbukuan ke rekening cadangan atas nama K, sebesar Rp5.627.609.800. Sehingga berdasarkan audit penghitungan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Jawa Tengah ada kerugian negara sebesar Rp4.999.421.705.

“Adapun pasal yang disangkakan, primair Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999. Yakni tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Subsidair Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” jelas Kasi Pidsus.

Sementara Kasi Intel Frengky menyampaikan bahwa dalam penanganan kasus ini tidak menutup kemungkinan ada pihak yang memanfaatkan. Yakni mencari keuntungan dengan mengaku dekat kejaksaan.

“Jangan percaya kepada orang yang mengaku bisa mengupayakan keuntungan atau hal lain terkait kasus ini dengan meminta sejumlah uang. Jika ada segera laporkan ke kami,” tegasnya.

 

 


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Ini 5 Wisata Jateng yang Aman Dikunjungi

Inilah lima objek wisata di Jawa Tengah yang aman dikunjungi meski di tengah pandemi Covid-19.

Bertambah! Korban Meninggal Akibat Kecelakaan Maut di Pantura Demak

Korban kecelakaan maut yang melibatkan minibus atau mikrobus di jalur pantura Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, bertambah.

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Terguling di Demak, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan maut terjadi di ruas Jalan Semarang-Demak, Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (8/12/2021).

18 Kasus Kekerasan Seksual Banjarnegara, Terbaru Ayah Tiri Cabuli Anak

Sebanyak 18 kasus kekerasan seksual di wilayah hukum Polres Banjarnegara sejak Januari hingga November 2021, terbaru ayah tiri mencabuli anaknya selama satu tahun.

Minibus Kecelakaan Tunggal di Jalur Pantura Demak, 2 Orang Meninggal

Sebuah minibus mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Pantura Semarang-Demak, Kabupaten Demak, hingga menyebabkan dua penumpang meninggal dunia.

Gunung Semeru Erupsi, Ganjar: Warga Merapi Kudu Siaga!

Gubernur Ganjar mengingatkan warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi agar lebih siaga menghadapi kemungkinan terjadinya erupsi, mengingat aktivitas vulkanik belum stabil.

Kemenpan RB Visitasi Perubahan IAIN Salatiga Jadi UIN Salatiga

Visitasi ini memeriksa kesesuaian data proses alih bentuk dari IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga secara langsung ke lapangan.

Kepala Lapas Purwodadi Diganti, Pejabat Lama Pindah Larantuka

Jabatan Kepala Lapas Purwodadi diserahterimakan dari pejabat lama Solichin kepada pejabat baru Soebiyakto yang sebelumnya menjabat Kepala Rutan Kebumen.

Kronologi Penemuan Sopir Truk yang Tersapu Lahar Dingin Merapi

Seorang sopir truk pengangkut pasir ditemukan meninggal dunia setelah tersapu banjir lahar dingin Gunung Merapi di Kali Bebeng, Kabupaten Magelang.

Disdikpora Kudus Kebut Proses Perbaikan 11 Sekolah yang Rusak

Perbaikan 11 sekolah rusak tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kudus, dikebut agar bisa selesai dan bisa segera digunakan untuk belajar mengajar.

Bupati Jepara Ancam Tutup Sekolah yang Berani Tahan Ijazah Siswa

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengaku menerima laporan adanya sekolah yang menahan ijazah siswanya.

Brati Grobogan Masih Banjir, Kades Lemahputih Usulkan Sudetan Sungai

Banjir yang melanda Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (7/12/2021) belum surut. Jumlah rumah dan sawah terdampak bertambah.

Ungguli Jatim, Jabar, dan DKI, Pemprov Jateng Raih Anugerah Meritokrasi

Selain Pemprov Jateng, tiga pemerintah kabupaten di Jateng juga mendapat penghargaan yakni Pemkab Purworejo, Pemkab Sragen, dan Pemkab Wonogiri dengan kategori Baik.

PPKM Level 3 Batal, Salatiga Tetap Lakukan Penyekatan Jalan

Pemerintah Kota Salatiga tetap akan menerapkan penyekatan ruas jalan di wilayahnya, kendati PPKM Level 3 nasional dibatalkan.

Air Terjun Sekar Langit Magelang, Tempat Jaka Tarub Ketemu Nawangwulan

Air Terjun Sekar Langit merupakan tetesan mata air dari puncak Gunung Telomoyo, gunung yang membatasi antara kota Salatiga dan Kabupaten Magelang yang lekat dengan legenda Jaka Tarub dan Dewi Nawangwulan.